Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Spesialis Pembobol Rumah Didor Polisi Batam Kota
Oleh : Hadli
Kamis | 21-04-2016 | 14:12 WIB
bb-curat-batam-kota.jpg Honda-Batam
Barang bukti hasil kejahatan tiga pelaku spesialis pembobol rumah kosang di Batam yang berhasil diungkap jajaran Polsek Batam Kota. (Foto: Humas Polda Kepri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dorrr!!! Dua dari tiga pelaku spesialis pembobol rumah dan ruko di Batam yang ditangkap jajaran Polsek Batam Kota ditembak karena berupaya melarikan diri. 

Pelaku yang berhasil ditangkap pada Rabu (20/4/2016) malam, TH (22), SJ(25) dan MY (16) di tempat yang berbeda berdasarkan laporan tindak pidana curat yang berada di Rumah Makan Mama Otak-otak di Ruko Puri Mas, Batam Center pada Rabu dini hari. 

"Dua pelaku merupakan residivis kasus yang sama di Batam," kata Kapolsek Batam Kota, Komisaris Polisi (Kompol) Arif Budi Purnomo kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (21/4/2016). 

Pelaku diduga telah melakukan pembobolan rumah dan ruko di berbagai lokasi di Batam seperti diantaranya Kecamatan Batam Kota, Lubuk Baja, Batu Ampar, Sekupang dan Bengkong berdasarkan laporan yang masuk pada bulan Maret lalu. 

Berdasarkan laporan pada Rabu dini hari kemarin, anggota Posek Batam Kota mendapati informasi bahwa pelaku berada di kos di Blok IV Baloi, Lubuk Baja. Pada saat dilakukan penyergapan TH dan SJ melarikan diri dan polisi berhasil melumpuhkan kedua pelaku dengan timah panas di bagian kaki. 

Setelah dilakukan pengembangan polisi mendapati satu nama lagi, MY berhasil dibekuk tanpa perlawanan di Pasar Induk Nagoya. 

Modus aksi pelaku mengincar rumah, kos-kosan dan ruko yang sepi ditinggal pemiliknya. Pelaku merusak jendela atau pintu agar bisa masuk kedalam menjarah harta benda korbannya dengan cara bergantian atau berpasangan maupun seorang diri. 

Dari pengungkapan itu, polisi berhasil mengamankan barang bukti dua unit laptop merk Asus dan Lenovo, satu unit Infocus, 10 unit ponsel berbagai merk beserta satu set tas alat-alat yang digunakan pelaku untuk beraksi seperti tang dan obeng.

Arif menuturkan masih melakukan pengembangan jaringan spesialis pembobolan rumah kosong di Batam. Berdasarkan keterangan kedua tersangka, masih ada pelaku lainnya. "Kasusnya masih kita kembangkan," tuturnya. 

Editor: Dodo