Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BNN, Turunlah ke Lingga Basmi Narkoba di Eksekutif dan Legislatif
Oleh : Nur Jali
Rabu | 20-04-2016 | 16:10 WIB
rudi-puwonugroho.jpg Honda-Batam
Rudi Purwonugroho.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Badan Narkotika Nasional (BNN) diharapkan turun ke Lingga untuk membasmi peredaran narkoba yang ditengarai marak di kalangan eksekutif dan legislatif di kabupaten tersebut. Hal ini terlihat dari beberapa kasus narkoba yang dibongkar oleh jajaran Polres Lingga.


"Kita minta BNN turun tangan untuk melakukan tes urine dan upaya pemberantasan narkoba di Kabupaten Lingga. Tes urine itu nanti harus dijalani oleh eksekutif maupun legislatif," kata Rudi Purwonugroho, Staf Khusus Bupati Lingga bidang Hukum dan Pemerintahan, Rabu (20/4/2016).

Kalau hal ini tidak ditindak, Rudi mengkhawatirkan akan semakin mewabah dan dampaknya adalah para generasi muda. "Barang-barang terlarang ini bebas keluar masuk Lingga, jadi kita berharap hal ini ada tindakan tegas dari BNN, kalau hanya tes urine tanpa ada tindakan hasilnya akan sia-sia," kata Rudi.

Para pencandu narkoba tersebut tentunya sudah punya cara sendiri untuk mengelabui petugas, sehingga tes urine ini harus dilakukan secara diam-diam, agar tidak ada celah bagi PNS yang menggunakan narkoba ini untuk menghidar.

"Sewaktu kita mendengarkan penyampaian dari Kapolda Kepri waktu menerima beras hibah, kita mendapat kabar mencengangkan karena perairan Lingga dijadikan tempat transit narkoba yang cukup besar di Kepri," jelasnya.

Jenis-jenis narkoba yang masuk ke Lingga tidak saja sabu dan ganja, tapi juga jenis-jenis lainnya sepeti eksrasi, juga masuk. Informasi yang diperoleh BATAMTODAY.COM dari sumber di Satuan Narkoba Polres Lingga, selain satpam dan oknum anggota Polisi yang sudah diamankan, namun ternyata banyak para PNS yang diduga juga menggunakan narkoba.

"Sekarang ada beberapa target dari oknum PNS yang selama ini belum tersentuh yang menggunakan narkoba," ungkapnya.

Editor: Dodo