Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sempat Terkendala Jaringan, Disdukcapil Lingga Mulai Cetak e-KTP
Oleh : Nur Jali
Selasa | 19-04-2016 | 17:14 WIB
disduk-capil-lingga.jpg Honda-Batam
Rombongan DPRD saat berkunjung ke Kantor Disdukcapil Lingga. (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Setelah sempat terkendala oleh jaringan internet, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lingga mulai mencetak kembali e-KTP. Sebanyak 500 lembar dari seribu e-KTP kini sudah tercetak.

Hal ini terlihat dari kunjungan Ketua dan Komisi I DPRD Lingga ke dinas tersebut, Selasa (19/4/2016). 
Ketua DPRD Lingga Riono mengatakan setiap SKPD harus mampu mewujudkan visi misi Bupati Lingga, salah satunya adalah pelayanan dasar seperti pembuatan KTP dan Kartu Keluarga. 

"Kita berharap Dinas harus berani jemput bola, dan tidak perlu lagi harus menunggu, jika ada kendala apapun SKPD harus berani menyampaikan langsung kepada Bupati, sehingga permasalahan di lapangan dapat ditekan," kata Riono, Ketua DPRD Lingga.

"Intinya dari pertemuan ini, lembaga DPRD ingin pelayanan di Disdukcapil ini dapat berjalan maksimal, dan tidak ada permasalahan yang krusial," imbuhnya.

Sementara itu, Ayuzar Kepala Disdukcapil Lingga mengakui banyak kelemahan di instansi yang dipimpinnya. Salah satunya adalah kendala peralatan pendukung, yakni peralatan elektronik untuk pembuatan e-KTP dan perekaman.

Kemudian, Kantor Disdukcapil yang masih menyatu dengan Kantor Disperindagkop juga menjadi persoalan, karena instansi ini emiliki hubungan langsung dengan masyarakat untuk pelayanan administrasi membutuhkan sehingga area perkantoran yang luas.

"Kita sadari banyak kekurangan disini, tapi setelah kunjungan Komisi I DPRD Lingga kemarin membuka mata kami, untuk lebih maksimal lagi dalam menjalankan pelayanan di kantor kami," jelas Ayuzar.

Selain mampu menyelesaikan lima ratus lebih e-KTP dalam waktu beberapa hari, Disdukcapil juga menambah daya listrik untuk mempermudah pengoperasian server e-KTP sesuai kebutuhan yang dibutuhkan untuk server e-KTP dan beberapa peralatan pendukung lainnya.

"e-KTP sudah kita cetak lima ratus lebih, dan daya juga sudah kita tambah, sekarang masih dalam proses," kata Abdul Rani, Sekretaris Disdukcapik saat menjelaskan ke Komisi I.

Editor: Dodo