Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hafiz Cilik Musa Harumkan Indonesia dan Bikin Bangga Presiden Jokowi
Oleh : Redaksi
Minggu | 17-04-2016 | 18:00 WIB
musa.jpg Honda-Batam
Hafiz Cilik Musa, (kedua dari kanan) yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. (Foto: Twiter Jokowi)

BATAMTODAY.COM, Kairo - Hafiz cilik, penghafal Al Quran 30 juz yang baru berusia 7 tahun, Musa La Ode Abu Hanafi telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Musa menjadi satu-satunya wakil Indonesia pada Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) International di Sharm El-Sheikh, Mesir dihelat pada 10-14 April 2016.

Selain menjadi peserta termuda, Musa juga berhasil meraih juara 3 lomba hafiz anak tingkat dunia di Mesir. Prestasi "bocah ajaib" ini telah mengharumkan nama Indonesia. Tidak hanya itu, bahkan telah membuat Presiden Jokowi bangga. Di tengah kesibukannya mengadakan perjalan kenegaraan ke Eropa, Presiden Jokowi menyempatkan diri menulis kicauan. 

"Kita bangga dengan prestasi Musa La Ode Abu Hanafi, hafiz 7 tahun di Musabaqah Hifzil Quran Internasional di Mesir -Jkw," demikian cuit Jokowi dalam akun twitter resminya, @Jokowi pada Minggu (17/4/2016). 

Jumlah peserta MHQ Internasional Sharm El-Sheikh untuk semua cabang mencapai 80 orang yang terdiri dari 60 negara antara lain Mesir, Sudan, Arab Saudi, Kuwait, Maroko, Chad, Aljazair, Mauritania, Yaman, Bahrain, Nigeria, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Australia, Ukraina, dan Indonesia serta negara-negara lainnya. 

Musa dalam MHQ mengikuti lomba cabang Hifz Alquran 30 juz untuk golongan anak-anak, dan merupakan peserta paling kecil di antara seluruh peserta lomba, karena peserta lainnya berusia di atas sepuluh tahun. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta Indonesia yang mendorong jurnalis Kantor Berita MENA mewawancarai Musa dan orang tuanya pada hari pertama kedatangan mereka, sebelum bertanding. 

Musa ke Mesir ditemani sang ayahanda, La Ode Abu Hanafi. Pada keesokan harinya hasil wawancara tersebut sudah dimuat di sejumlah media Mesir dengan judul: Indonesia Berpartisipasi pada MTQ Internasional Sharm El-Sheikh dengan Peserta Paling Kecil.

Editor: Dardani