Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi Ingin Sepak Bola Indonesia Kejar Tiongkok
Oleh : Redaksi
Sabtu | 16-04-2016 | 08:36 WIB
twitter jokowi.jpg Honda-Batam
Jokowi menulis harapan di twitternya. (Foto: Sportsatu)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo ingin sepak bola Indonesia seperti Tiongkok, yang industrinya meningkat. Keinginan ini disampaikan dalam pertemuan dengan perwakilan klub serta Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI di Istana, Jumat (15/4).

Indonesia disebut punya potensi untuk itu. Apalagi berdasarkan data dari FIFA, Indonesia merupakan salah satu negara yang punya prospek setelah Tiongkok dan India.

"Kenapa kita tidak? Dengan data yang tadi dari FIFA yang diberikan kepada saya. Saya kira mempunyai peluang yang lebih besar dari mereka ke depannya. Asal kita semuanya mempunyai tujuan sama, kita mempunyai keinginan yang sama," terang Jokowi dikutip dari laman Setkab.

Sepak bola Tiongkok sendiri sebelumnya memang menjadi sorotan. Investor meramaikan industri disusul masuknya sejumlah pemain top, termasuk dari Liga Eropa.

Joko Widodo juga ingin sepak bola Indonesia menjadi lebih besar, termasuk di Asia hingga dunia. Ia sendiri terlihat tak menerima ranking Indonesia lebih jelek dari negara Asia Tenggara lainnya.

"Saya kadang risih. Dengan tim ASEAN saja, kita kalah peringkat. Dengan Vietnam kalah peringkat. Saya ingin ada sebuah reformasi total dan diharapkan muncul klub-klub, tim nasional yang betul-betul disegani, paling tidak di Asia dan syukur bisa masuk ke tingkat dunia." (Sumber: Sportsatu)

Editor: Dardani