Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dituduh Menjiplak, Dua Anggota Led Zeppelin Dipanggil ke Pengadilan
Oleh : Redaksi
Jum'at | 15-04-2016 | 13:42 WIB
pageplant-624-1406729073.jpg Honda-Batam
Robert Plant dan Jimmy Page. (Sumber foto: Rolling Stone)

BATAMTODAY.COM - Dua penggawa Led Zeppelin, gitaris Jimmy Page dan vokalis Robert Plant harus menghadapi pengadilan terkait permasalahan plagiarisme yang dituduhkan sebuah band asal Amerika Serikat yang bernama Spirit.

Gugatan meliputi klaim plagiarisme yang dilakukan Led Zeppelin terhadap salah satu lagu milik Spirit, “Taurus”. Ada bagian dari lagu “Taurus” yang dianggap dijiplak oleh Jimmy Page dan Robert Plant selaku pencipta lagu “Stairway to Heaven”.


Seperti diwartakan The Guardian, Gary Klausner selaku Hakim Federal Los Angeles megatakan bahwa lagu “Stairway to Heaven” dan “Taurus” cukup mirip untuk membuat para juri memutuskan apakah Jimmy dan Robert bersalah akan hal tersebut. Gugatan ini disampaikan oleh Michael Skidmore, wali bagi Randy Wolfe atau lebih dikenal Randy California, gitaris Spirit sekaligus pencipta lagu “Taurus”, yang sebelumnya pernah mengangkat permasalahan ini, hingga akhirnya ia wafat pada 1997 lalu.

Skidmore mengatakan bahwa Jimmy Page mungkin terinspirasi untuk menulis “Stairway to Heaven” setelah ia mendengar Spirit membawakan “Taurus” saat Led Zeppelin dan Spirit melaksanakan tur bersama pada 1968 dan 1969. Namun, dari apa yang terjadi, Randy California tidak pernah mendapatkan pengakuan atas hal tersebut.

Pihak terdakwa pun menampik hal itu dengan menyebutkan bahwa Randy California merupakan seorang pencipta lagu yang dapat dipekerjakan oleh siapapun tetapi tidak memiliki klaim hak cipta. Progresi nada yang diciptakan olehnya dianggap sangat klise, hingga mereka (Spirit) seharusnya tidak layak mendapatkan perlindungan hak cipta.
 
Dibalik perbedaan pendapat antara kedua belah pihak, hakim yang bertanggungjawab atas permasalahan ini mengaku bahwa para juri dapat menemukan kesamaan “substansial” dari dua menit awal kedua lagu tersebut. Kesamaan tersebut juga diakui oleh hakim sebagai “segmen yang paling dikenal dan penting” dari kedua lagu tersebut. Pengadilan ini sendiri dijadwalkan bakal berlangsung pada 10 Mei mendatang.

Sumber: Rolling Stone
Editor: Dodo