Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hujan Gol di Anfield, Liverpool Melaju ke Semi Final
Oleh : Redaksi
Jum'at | 15-04-2016 | 08:12 WIB
liverpol.png Honda-Batam
Para pemain Liverpol berpesta gol. (Foto: Sportsatu)

BATAMTODAY.COM, London - Liverpool melangkah ke semi final Liga Europa dengan cara yang dramatis setelah melakoni laga ketat melawan Borussia Dortmund, Jumat (15/4) dini hari WIB. Dejan Lovren menjadi pahlawan The Reds berkat satu golnya di babak perpanjangan.

Borussia Dortmund menekan lebih dulu melalui kerjasama Henrikh Mkhitaryan dan Pierre-Emmerick Aubameyang pada menit ke-3. Namun, sepakan pemain asal Gabon tersebut masih melebar di samping kanan gawang. Tidak perlu waktu lama bagi Die Borussen untuk membuka keunggulan, tepat semenit setelah peluang Aubameyang, Mkhitaryan mencatatkan namanya di papan skor setelah sepakannya yang memanfaatkan bola muntah tidak bisa dijangkau oleh Simon Mignollet. Menit ke-4, Dortmund unggul 1-0 atas Liverpool.

Setelah sebelumnya gagal memanfaatkan peluang, kini Aubameyang berhasil mengoyak gawang Liverpool. Menerima umpan matang dari Marco Reus, Aubameyang langsung menembakan bola tepat ke arah pojok atas gawang yang tidak bisa diantisipasi oleh Mignollet. Laga baru berjalan sepuluh menit. Tapi, The Red sudah tertinggal 0-2 dari Borussia Dortmund.

Tertinggal dua gol, The Reds langsung berusaha bangkit dengan mencoba menembus pertahanan Die Borussen. Namun, anak asuh Juergen Klopp tampak kesulitan memasuki sepertiga wilayah Borussia Dortmund. Peluang berarti bagi tim tuan rumah baru datang pada menit ke-14 melalu usaha Phillipe Coutinho. Sayang pemain berkebangsaan Brazil tersebut sudah lebih dahulu terjebak off side sebelum ia menembakan tendangan yang juga masih melambung di atas mistar gawang Roman Wiedenfeller.

Usaha pemain Liverpool tidak berhenti sampai di situ. Seakan tidak ingin malu di hadapan publik sendiri, Divock Origi tampil percaya diri dan sempat membuat tembakan yang masih menghasilkan tendangan sudut pada menit ke-17. Semenit setelahnya, Alberto Moreno juga mendapat kesempatan emas mencatatkan memperkecil ketertinggalan jika saja tendangan volleynya tidak melebar dan melambung tinggi.

Borussia Dortmund tampak mengurangi serangan mereka setelah unggul dua gol, anak asuh Thomas Tuchel membiarkan para pemain Liverpool lebih leluasa memegang bola di wilayah tengah. Mendapat penguasaan bola, para punggawa The Reds tidak menyia-nyiakan hal tersebut. Namun, penyelesaian yang kurang baik masih menjadi masalah seperti yangterjadi pada menit ke-21 saat Roberto Firmino melepaskan umpan matang yang belum mampu diselesaikan dengan sempurna oleh Adam Lallana.

Borussia Dortmund baru bisa kembali mengancam pada menit ke-26 lagi-lagi melalui Aubameyang. Bertarung satu lawan satu dengan Mamadou Sakho Aubameyang kehilangan bola dan harus rela gagal menambah keunggulan bagi Die Borussen. Liverpool terus memborbardir lini pertahanan Dortmund, Roberto Firmino dan Adam Lallana sempat mendapat kesempatan pada menit ke-27 dan 30. Namun, keduanya juga masih belum bisa menyelesaikan peluang dengan baik.

Di sepuluh menit terakhir, Liverpool dan Borussia Dortmund terus saling berbalas serangan. Keduanya terlihat sama sekali tidak ingin mengalah pada laga kali ini. Akan tetapi, hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan kedudukan tetap 2-0 untuk keunggulan Die Borussen.

Liverpool membuka babak kedua dengan memperkecil ketertinggalan atas Borussia Dortmund. Menit ke-48 Divock Origi akhirnya berhasil memanfaatkan peluang yang ada dan membuat kedudukan menjadi 1-2. The Reds tampak lebih percaya diri dalam menyerang setelah gol Origi, menit ke-53 Coutinho mengancam dengan aksi individunya. Beruntung bagi Borussia Dortmund, Mats Hummels masih mampu menghalau peluang tersebut meski dirinya harus diganjar kartu kuning.

Kedua tim saling berbalas serangan di lima belas menit awal babak kedua. Borussia Dortmund yang sempat dikejutkan oleh gol Origi kembali bermain terbuka dan mulai menebar ancaman ke wilayah pertahanan Liverpool. Hal tersebut terbukti ampuh, tidak perlu waktu lama bagi Die Borussen untuk kembali memperlebar keunggulan mereka, menit ke-53 Marco Reus mencatatkan namanya di papan skor setelah berhasil menerima umpan dari Mats Hummels dengan sangat baik.

Kembali tertinggal dua gol membuat Juergen Klopp mau tidak mau harus melakukan perubahan strategi. The Normal One memasukan Joe Allen dan Daniel Sturridge untuk menggantikan Adam Lallana dan Roberto Firmino pada menit ke-62. Strategi tersebut terbukti cukup ampuh, tidak lama berselang Coutinho kembali menyarangkan bola ke gawang Weidenfeller yang membuat Liverpool kembali memperkecil keadaan pada menit ke-67 menjadi 2-3.

The Reds kembali terus menggempur pertahanan Borussia Dortmund Daniel Sturridge dan James Milner sempat hampir mencetak gol pada menit ke-70 dan 74 jika saja keduanya tidak melepaskan tembakan yang melenceng jauh dari sasaran.

Tim tuan rumah benar-benar tampil militan pada laga kali ini. Hal itu dibuktikan dengan gol ketiga Liverpool yang diciptakan Mamadou Sakho pada menit ke-78 dan membuat kedudukan menjadi imbang 3-3. Liverpool masih harus mencuri satu gol lagi jika ingin lolos ke babak semi final karena Borussia Dortmund masih memiliki keunggulan gol tandang.

Di sepuluh menit terakhir, The Reds terus memborbardir lini pertahanan Borussia Dortmund dari segala arah. Usaha para pemain Liverpool tersebut akhirnya membuahkan hasil pada babak perpanjangan. Dejan Lovren menjadi pahlawan publik Anfield setelah berhasil mencetak gol pada menit ke-92 dan membuat anak asuh Juergen Klopp berbalik unggul 4-3 atas Die Borussen. (Sumber: Sportsatu)

Editor: Dardani