Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KRI Dewa Ruci Open Ship di Batam
Oleh : Sumantri/Dodo
Kamis | 18-08-2011 | 18:08 WIB
photo0015.jpg Honda-Batam

KRI Dewa Ruci saat bersandar di Pelabuhan Batuampar. (Foto: Sumantri)

BATAM, batamtoday - KRI Dewa Ruci melakukan Open Ship pada tanggal 18-19 Agustus 2011, di pelabuhan bongkar muat Batu Ampar Batam. Masyarakat, terutama yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa terlihat cukup antusias, melihat salah satu kapal kebanggaan RI ini.

Sebelum bersandar di Batam, para kadet AAL tersebut baru saja berlayar ke beberapa daerah dan negara seperti Manila, Guangzhou China dan Bangkok Thailand. Sedangkan Batam, merupakan kota pertama yang didatangi sekembalinya ke Indonesia.

Mereka berlayar menggunakan KRI Dewa Ruci kapal latih TNI AL type barquentine. Sersan Mayor Dua Kadet (Sermadakad) Arif Parawira (T), salah seorang kadet Akademi Angkatan Laut mengakui, dalam dua bulan perjalanan sebelum akhirnya tiba di Batam, banyak hal telah dipelajari, seperti misalnya navigasi Astronomi, latihan mengemudikan kapal dan belajar soal mesin mesin.

Selama bersandar di Batam, tim marching band Gita Jala Taruna Kadet Akademi Angkatan Laut KRI Dewa Ruci, pada sore ini (18 Agustus 2011), mulai pukul 16.00 wib akan menunjukkan kebolehannya dalam memainkan beberapa atraksi marching band.

Arif bersama bersama 82 kadet AAL angkatan 58 lainnya, akan mempertontonkan kemampuannya dalam menampilkan kreasi marching band yang dimulai dari depan Toapekong Windsor menyusuri Jalan Imam Bonjol dan berakhir di depan Planet Holiday Hotel Batam.

"Beberapa formasi yang nanti akan kami tampilkan adalah formasi jangkar yang menunjukkan kegigihan dan ketangguhan seorang angkatan laut. Dengan lagu-lagu yang dibawakan diantaranya 17 Agustus dan Manuk Dadali," ujar Sermadakad Arif Parawira, kepada batamtoday, Kamis sore 18 Agustus 2011.