Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ranking FIFA Indonesia Merosot, Disalip Laos dan Kamboja
Oleh : Redaksi
Jum'at | 08-04-2016 | 08:36 WIB
timnas by ss.jpg Honda-Batam
Timnas Indonesia yang kini vakum. (Foto: Sportsatu)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Posisi Indonesia di ranking FIFA kian jatuh. Dalam rilis per 7 April 2016, Indonesia kini menempati peringkat ke-185.

Posisi Indonesia melorot tujuh tingkat dari bulan lalu. Sanksi FIFA per 30 Mei 2015 yang membuat Indonesia diasingkan dari ajang internasional sehingga tim nasional tidak bisa ambil bagian menjadi penyebab.

Indonesia kini bahkan lebih buruk dari negara yang sebelumnya di atas kertas di bawah Indonesia, yaitu Kamboja dan Laos. Kedua negara itu kini sama-sama berada di tempat ke-182.

Indonesia hanya lebih baik dari Brunei Darussalam. Negara tersebut berada di peringkat ke-195.

Sementara itu, Filipina menjadi negara anggota terbaik di ranking FIFA. Melalui tim nasional berjuluk The Azkals, Filipina kini berada di tempat ke-116 atau naik 19 tingkat dari bulan lalu.

Thailand membuntuti di peringkat ke-119 setelah turun satu tingkat. Menyusul kemudian Vietnam (144), Singapura (148), Myanmar (166), Malaysia (174), Timor Leste (175).

Sementara itu, AFC menunjukkan keprihatinannya terhadap nasib anggota yang terkena sanksi FIFA. Selain dilarang tampil di kancah internasional, Asosiasi Anggota yang disanksi juga tak mendapat bantuan untuk pengembangan sepak bola akibat adanya intervensi pihak ketiga, termasuk pemerintah. (Sumber: Sportsatu)

Editor: Dardani