Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Google Store Cabut Aplikasi Taliban
Oleh : Redaksi
Selasa | 05-04-2016 | 09:36 WIB
taliban by epa.jpg Honda-Batam
Taliban menyatakan app itu adalah usahanya mencapai dunia dengan menggunakan teknologi canggih. (Foto: AP)

BATAMTODAY.COM, AfghanistanTaliban menyatakan app itu adalah usahanya mencapai dunia dengan menggunakan teknologi canggih.

Alemarah, sebuah aplikasi untuk telepon Android yang diciptakan kelompok fundamentalis Islamis Taliban, telah dicabut dari Play Store Google.

Isi app dalam bahasa Pashto tersebut diantaranya berisi pernyataan resmi dan video dari gerakan Afghanistan itu.
Kelompok garis keras tersebut berpendapat masalah teknis yang menjadi penyebab menghilangnya app itu tidak lama setelah diluncurkan pada tanggal 1 April.

Taliban akui serangan bom di Lahore, menewaskan 69 orang. Meskipun demikian BBC mengetahui bahwa aplikasi dicabut karena melanggar kebijakan app Google yang melarang penyebaran kebencian.

Alemarah ditemukan dan dilaporkan oleh organisasi bernama Site Intel Group di Amerika Serikat yang mengawasi gerakan jihadis.

Google menolak mengomentasi masalah app secara khusus. "Kebijakan kami dirancang untuk memberikan pengalaman yang menarik bagi para pengguna dan pengembang. Karena itulah kami mencabut app di Google Play yang melanggar kebijakan ini," demikian isi pernyataannya.

Juru bicara Taliban mengatakan kepada Bloomberg bahwa aplikasinya adalah bagian dari usaha teknologi canggihnya guna mencapai pemakai yang lebih mendunia. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani