Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

MU dan Tottenham Tersingkir dari Liga Eropa
Oleh : Redaksi
Jum'at | 18-03-2016 | 08:12 WIB
mu_kalah.jpg Honda-Batam
Para pemain MU hanya bisa menyesal karena tersingkir dari Liga Eropa. (Foto: Sportsatu)

BATAMTODAY.COM, London - Manchester United akhirnya harus memupus keinginan mereka untuk meraih gelar juara Liga Europa pertama dalam sejarah klub setelah hanya bermain imbang 1-1 dengan Liverpool di leg kedua 16 Besar Liga Europa, Jumat (18/3) dini hari WIB. Nasib serupa juga dialami Tottenham Hotspur yang kalah 1-2 dari Borussia Dortmund.

United menjamu Liverpool di Old Trafford dengan kondisi defisit gol setelah kalah 0-2 dari leg pertama di Anfield. Anthony Martial membuka harapan Manchester United untuk bisa melakukan pembalasan melalui gol yang dicetaknya dari titik putih pada menit ke-32. Sayangnya, Liverpool berhasil menyamakan kedudukan pada menit terakhir babak pertama melalui gol yang dicetak Philippe Coutinho yang mendapatkan umpan dari Emre Can.

Kedudukan 1-1 tidak hanya bertahan hingga babak pertama usai, tapi hingga akhir laga karena tidak satu gol tambahan pun berhasil dicetak oleh kedua tim Premier League itu. Manchester United pun tersingkir dari Liga Europa dengan agregat 1-3.

Nasib yang sama juga dialami Tottenham Hotspur. Tim asuhan Mauricio Pochettino menjamu Borussia Dortmund di White Hart Lane dengan defisit tiga gol akibat kekalahan 0-3 di Signal Iduna Park pada leg pertama. Namun, dua gol dari Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-24 dan 70' membuat semua semakin berat bagi Tottenham. Klub Premier League itu baru berhasil mencetak gol pada menit ke-73 melalui Son Heung-min.

Gol dari pemain Korea Selatan itu menjadi satu-satunya gol yang berhasil dicetak oleh Tottenham Hotspur. Tim asuhan Mauricio Pochettino itu pun akhirnya kalah 1-2 dan tersingkir dari Liga Europa dengan agregat telak 1-5.

Kini wakil Inggris di Liga Europa hanya menyisakan Liverpool. Sementara wakil Italia pun sudah tidak ada menyusul kekalahan 0-3 yang dialami Lazio dari Sparta Praha di Stadion Olimpico Roma. Lazio tersingkir dari Liga Europa dengan agregat 1-4.

Sementara dari Spanyol, hal yang sama terjadi seperti di Liga Champions. Jika di Liga Champions masih menyisakan Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid di perempat final, di Liga Europa masih ada Villarreal, Athletic Bilbao, dan Sevilla.

Villarreal lolos ke perempat final meski hanya bermain imbang tanpa gol dengan Bayer Leverkusen di leg kedua yang dimainkan di BayArena. Villarreal lolos dengan agregat 2-0 yang mereka dapatkan di leg pertama. Sementara Athletic Bilbao lolos dramatis setelah menyingkirkan sesama klub La Liga, Valencia.

Athletic Bilbao sebenarnya kalah 1-2 di leg kedua yang dimainkan di kandang Valencia, tapi dengan kemenangan 1-0 yang mereka raih di kandang, Athletic Bilbao sukses menyingkirkan tim asuhan Gary Neville itu dengan keunggulan gol tandang. Sementara Sevilla yang menjamu FC Basel di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan dengan kondisi imbang 0-0 di leg pertama, berhasil lolos setelah kemenangan 3-0 diraih di leg kedua ini. (Sumber: Sportsatu)

Editor: Dardani