Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berangkat ke GP Australia, Rio 'Nikmati Momen'
Oleh : Redaksi
Rabu | 16-03-2016 | 09:38 WIB
rio_haryanto_by_bbc.jpg Honda-Batam
Rio Haryanto akan memulai GP F1 pertamanya di Australia pada tanggal 20 Maret mendatang. (Foto: BBC)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pembalap F1 pertama Indonesia, Rio Haryanto, mengatakan dia berangkat ke Grand Prix Australia, dengan menikmati 'momen' dan berupaya keras untuk balap pertamanya itu.

Rio Haryanto berangkat ke Melbourne, Australia Senin (14/03) untuk Grand Prix pertama dalam musim balap ini pada tanggal 20 Maret mendatang.

Pembalap Tim Manor itu telah melakukan uji coba di Barcelona pada pertengahan Februari lalu dan menyatakan memetik banyak hal positif.

"Secara performa, saya telah nyaman dengan tim dan juga dengan mobil. Banyak hal baru yang saya pelajari karena mobil F1 ini banyak features. Dan ada tiga hari latihan lagi dan agar kami lebih dekat lagi dengan tim dan mobil," kata Rio kepada BBC Indonesia setelah jumpa pers di Pertamina, sponsor utama.

Rio juga mengatakan "beban pasti ada dan yang terbanyak dari diri sendiri karena saya senang berkompetisi dan meraih prestasi."

"Saya enjoy the moment karena banyak yang memberi harapan tinggi kepada saya. Saya selalu disiplin dan kerja keras dan saya berkomunikasi dengan tim untuk mendapatkan laporan (uji coba), dan sebentar lagi jadwal saya akan padat sekali."

"Saya menganggap ini sebagai balap biasa dan saya mohon doa restu ibu dan bapak dan berusaha tidak memikirkan beban."

Total keperluan dana keikutsertaan Rio dalam seri balapan Formula F1 tahun 2016 sekitar 15 juta euro (sekitar Rp226 miliar).

Pertamina telah menyediakan 5 juta euro dan pemerintah harus menambal kekurangannya 10 juta euro -yang akan diambilkan dari APBN, sumbangan masyarakat serta dari BUMN.

Tim Manor - yang tidak meraih satu poin pun dalam musim balap lalu- menggunakan mesin Mercedes MRT05 dengan dua pembalap baru Pascal Wehrlein dan Rio Haryanto. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani