Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemain Keyboard ELP Diduga Tewas Bunuh Diri
Oleh : Redaksi
Sabtu | 12-03-2016 | 13:58 WIB
keith emerson.jpg Honda-Batam
Ketih Emerson. (Sumber foto: allaboutjazz.com)

BATAMTODAY.COM - Keith Emerson, pemain keyboard dan salah satu pendiri grup rock progresif Emerson, Lake dan Palmer, meninggal di usia 71.

"Dengan berat hati kami mengumumkan bahwa Keith Emerson telah wafat tadi malam di rumahnya di Santa Monica, Los Angeles," demikian pernyataan di halaman Facebook band itu, seperti dilansir BBC.

Emerson dianggap salah satu pemain keyboard terhebat di era prog-rock. Dia meninggal oleh luka di kepala, akibat tembakan oleh diri sendiri, kata polisi Santa Monica. Kematiannya diselidiki sebagai bunuh diri, polisi menambahkan.

Seorang juru bicara polisi mengatakan jasad Emerson ditemukan pada dini hari Jumat (11/3) pagi oleh pacarnya Mari Kawaguchi di flat mereka di kota California.

Mantan sesama pemain band ELP Carl Palmer mengatakan: "Saya sangat sedih mengetahui telah perginya sahabat dan saudara dalam musik, Keith Emerson.

"Keith adalah seorang dengan jiwa lembut yang kecintaannya padfa musik dan gairahnya dalam memainkan keyboard tak akan tertandingi selama bertahun-tahun mendatang."

Terinspirasi oleh penampilan teatrikal Jimi Hendrix dengan gitar listriknya, Emerson terkenal karena aksi panggungnya dalam memainkan keyboard.

"Perilaku panggung itu adalah sesuatu yang terasa alamiah saja saya lakukan, sesuatu yang memungkinkan saya tampil lebih ekspresif, katanya suatu waktu kepada majalah Counter Culture.

Sumber: BBC
Editor: Dodo