Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepala BP Batam dan 5 Deputi Diisukan Bakal Diganti
Oleh : Irawan
Jum'at | 11-03-2016 | 09:00 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) No.8 Tahun 2016 tentang Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (FTZ) Batam sebagai pengganti Keppres No.18 Tahun 2013.

 

"Struktur Badan Pengusahaan (BP) Batam tetap, tetapi pimpinan dan manajemennya diganti,” ujar Purba Robert Mangapaul, Staff Ahli Bidang Hubungan Ekonomi dan Kemaritiman Kemenko Perekonomian, Kamis (10/3/2016) malam.

Dalam Keppres tersebut, ditegaskan bahwa BP Batam langsung di bawah kendali pusat, tidak lagi di bawah kendali Ketua Dewan Kawasan FTZ Batam, Bintan dan Karimun (BBK) yang diketuai Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri)

Posisi Ketua Dewan Kawasan yang sebelumnya diketuai Gubernur Kepri HM Sani, kini diambil alih dan diketuai oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution. Anggotanya: Mendagri, Menteri Keuangan, Menteri Perdagangan, Menteri ATR/Kepala BPN, Menteri Perindustrian, Penglima TNI, Kapolri, Gubernur Kepri, Ketua DPRD Kepri, dan Wali Kota Batam.

Tak hanya itu, sejumlah pejabat yang saat ini duduk di BP Batam juga akan diganti, termasuk kepala BP Batam Mustofa Widjaja. Sayangnya, Purba masih enggan mengungkap siapa pengganti Mustofa Widjaja dari jabatan Kepala BP Batam. 

"Tunggu saja nanti akan kita sosialisasikan ke BP Batam. Beberapa pekan depan akan ada Kepala BP Batam yang baru," katanya.

Purba menegaskan, setelah diambilalih pemerintah pusat, sistem pemilihan Kepala BP Batam dan para deputi akan menggunakan mekanisme baru, bukan aturan lama seperti yang telah digunakan dalam pemilihan Kepala BP Batam dan empat deputi BP Batam.

"Sistem lama tak dipakai lagi. Mekanisme pergantian kepala BP dan sejumlah deputi akan diatur ulang," kata Staf Ahli bidang Ekonomi dan Kemaritiman Kemenko Perekonomian ini.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil seleksi uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang dilakukan Dewan Kawasan FTZ BBK yang diketuai Gubernur Provinsi Kepri Muhamman Sani dalam pemilihan Kepala BP Batam dan Anggota/Deputi BP Batam Periode 2014-2019 lalu, terpilihlah Mustofa Widjaja sebagai Kepala BP Batam. 

Adapun Anggota/Deputi BP Batam adalah masing-masing Drs Gani Lasa MM sebagai Anggota 1/Deputi Bidang Administrasi dan Umum, Ir I Wayan Subawa sebagai Anggota 2/Deputi Bidang Perencanaan dan Pengembangan, Ir Istono sebagai Anggota 3/Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha, Ketua DPRD Kepri Ir HM. Nur Syafriadi MSi sebagai Anggota 4/Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Lainnya, dan Ir. Fitrah Kamaruddin Djafar sebagai Anggota 5/Deputi Bidang Pelayanan Umum.

Editor: Surya