Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebanyak 70 Pos PIN Disiapkan di Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 09-03-2016 | 18:47 WIB
DSC_2642_Foto_PIN.JPG Honda-Batam
Bupati Anambas, Abdul Haris saat memberikan vaksinasi polio (Foto : Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas  - Sebanyak 70 pos Pekan Imunisasi Nasional (PIN) disiapkan untuk melayani 3.890 bayi dan balita umur 0-59 bulan di seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas. Kegiatan itu juga melibatkan 670 kader Posyandu, 140 orang tenaga kesehatan Puskesmas, Postu serta Polindes.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris mengimbau, selama pelaksanaan PIN dari tanggal 8 Maret 2016 sampai 15 Maret 2016, agar seluruh Kepala Desa dan Camat turut serta memantau Desa-desa, agar semua bayi dan balita mendapat vaksin polio.

"Saya menugaskan Camat dan semua Kepala Desa di Anambas ini, untuk memantau setiap Pos. Sehingga semua bayi dan balita dapat vaksinasi polio," kata Haris Rabu (09/03/2016)

Harris menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan perlindungan optimal dan merata kepada anak usia 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya polio, yang disebabkan oleh virus polio.

"Ini juga persiapan perubahan pemberian vaksinasi polio dari tetesan menjadi suntikan pada bulan Juli 2016 mendatang. Perubahan tersebut sangat menentukan sosialisasi yang luas, pada masyarakat dan untuk petugas akan dilaksanakan pada bulan April 2016," jelasnya. 

Haris berharap, kegiatan PIN di Anambas berjalan dengan lancar. Sehingga bayi yang ada di daerah ini sehat serta terhindar dari penyakit polio.

"Tindakan preventif itu lebih baik dari pada kuratif. Lebih baik kita mencegah dari pada mengobati. Karena kita tahu, untuk mengobati polio, obatnya belum ditemukan," tegasnya.

Editor : Udin