Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rafiq Imbau Warga Muslim Karimun Tunaikan Salat Gerhana
Oleh : Nursali
Senin | 07-03-2016 | 12:37 WIB
bupati-karimun-aunur-rafiq.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun, Aunur Rafiq

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengimbau seluruh masyarakat yang beragama Islam menunaikan salat gerhana matahari yang akan terjadi beberapa hari lagi.

"Kita hanya bisa mengimbau kepada seluruh masyarakat Karimun yang muslim untuk melaksanakan salat gerhana secara bersama-sama di masjid-masjid," kata Rafiq kepada BATAMTODAY.COM di Gedung Nasional, Senin (7/3/2016).

Menurutnya gerhana matahari ini sangat langka terjadi, sehingga kejadian langka ini harus disyukuri sebagai bukti kekuasaan Tuhan.

Pemerintah daerah setempat nantinya akan menggelar salat serupa di Masjid Agung Karimun dan Masjid Raya Karimun, termasuk di sejumlah kecamatan.

Seperti diketahui, fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 mendatang yang akan terlihat secara utuh di wilayah Palembang, Bangka Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso dan Halmahera itu menarik perhatian seluruh umat yang ada di dunia.

 
Tak terkecuali masyarakat di Provinsi Kepri yang juga sangat menantikan fenomena yang langka tersebut. Meskipun diketahui, penomena serupa pernah terjadi pada tahun 2006 lalu dan diperkirakan akan kembali terjadi pada tahun 2042 mendatang. 

"Di Kepri hanya terlintas kecil seperti batu cincin, dari pukul 06.22 WIB sampai 08.33 WIB," kata Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Nabhan Senin (07/03/2016) kepada BATAMTODAY.COM.

Editor: Dodo