Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekda Bintan Resmikan Festival Tari Bintan Tahun 2016
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 07-03-2016 | 10:54 WIB
festivaltari.jpg Honda-Batam
Penyerahan piala (Foto : Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Bintan – Dinas Pariwisata Bintan, menggelar Festival Tari Bintan 2016 di lapangan Relief Antam Kijang Kota, Minggu (5/3/2016) malam. Meskipun panggung tempat pelaksaaan festival sempat diguyur hujan, namun antusias penonton sangat besar untuk tetap ingin menyaksikan pargelaran Festival Tari Bintan 2016 yang diikuti 13 peserta dari berbagai sanggar tari dari Kecamatan Sekabupaten Bintan mengikuti festival itu.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Luki Ziman Prawira mengatakan, Festival Tari Bintan 2016 kali ini sangat berbeda. Baik dari segi lighting, tata panggung dan tema tema tari yang disajikan.

Peserta yang mendapat juara satu, dua dan tiga nantinya akan mewakili Bintan di Parade Tari di Provinsi Kepulauan Riau 2016. "Yang juara satu, akan mewakili Kepri di Jakarta untuk bersaing dengan penari dari Provinsi lain di Indonesia,“ ujar Luki

Menurutnya, kualitas penari tahun ini cukup meningkat. Untuk itu ia berterimakasih kepada pihak Kecamatan yang telah mengirimkan utusannya, untuk mengikuti festival tari ini. Ia juga berharap  semoga tahun depan, pesertanya makin bertambah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bintan dalam sambutannya berharap, kegiatan ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Bintan. Selain itu juga untuk menghidupkan dan menggairahkan adat, seni dan budaya nusantara.

“Festival ini salah satu cara untuk menghidupkan adat seni dan budaya di Nusantara,” kata Lamidi.

Dari segi kualitas kata Lamidi, tarian di Bintan cukup mampu bersaing ditingkat Provinsi Kepri dan Nasional. Terbukti, pada Festival Parade Tari 2015 lalu ditingkat Kepri, Kabupaten Bintan berhasil menyabet juara satu dan dua.

“Kalau tingkat Nasional di Jakarta, Kabupaten Bintan yang mewakili Provinsi Kepri, bisa masuk 13 besar Nasional, itu prestasi cukup membanggakan,” katanya

Pantauan BATAMTODAY.COM, pada festival Tari Bintan 2016 itu, sanggar tari Sang Nila Utama Kecamatan Bintan Utara keluar sebagai juara pertama dan utusan dari kecamatan Bintan Timur, Sanggar Tari STUPA berhasil menempati urutan kedua. Sedangkan diposisi ketiga, ditempati Sanggar Tari Kreasi Guru.

Turut Hadir dalam acara ini perwakilan beberapa unsur FKPD, meliputi Dan Fasharkan Mentigi, Kadis Ops Lanud, Pasi Intel Kejari, Kadis Ops satrat, Kasat intel Polres Bintan.

Editor : Udin