Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Demi Keselamatan Pelayaran, Operator Kapal Berharap Lampu Navigasi Berfungsi Baik
Oleh : Harjo
Jum'at | 04-03-2016 | 16:54 WIB
lampu-navigasi-uban.jpg Honda-Batam
Lampu navigasi di perairan Tanjunguban-Batam yang tak berfungsi. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Operator kapal dan agen berharap kondisi lampu navigasi yang diinformasikan sering tidak berfungsi berharap kedepan bisa lebih baik lagi karena hal itu sangat mempengaruhi pelayaran.

Darwin Lusianto, koordinator agen kapal untuk Tanjunguban dan Telagapungur Batam, menyampaikan harapannya agar Distrik Navigasi (Disnav) lebih memaksimalkan pengawasan terhadap sejumlah lampu navigasi atau suar yang selalu tidak berfungsi.

"Selain lampu navigasi yang dibangun oleh negara. Kalau ada lampu navigasi yang dibangun oleh swasta, apalagi sudah menahun tidak berfungsi hendaknya Disnav melakukan klarifikasi. Karena ini menyangkut masalah keselamatan kapal dan penumpangnya," harapnya, Jumat (4/3/2016).

"Apa yang kita sampaikan itu yang sebenarnya terjadi di lapangan. Intinya operator kapal yang selalu berjalan malam, baik bersifat carteran untuk mancing dan kebutuhan lainnya, tidak mungkin mengada-ada. Itu adalah fakta yang dilihat operator kapal. Apakah itu milik swasta atau negara jelas pengawasan melekat pada Disnav," tambahnya.

Darwin menjelaskan, dari informasi yang disampaikan bersama sejumlah operator kapal diharap agar kondisi lampu suar yang ada di beberapa titik bisa lebih baik lagi dan kalau ada penambahan di tempat tertentu agar panduan kapal yang berlayar bisa lebih baik kedepan.


Beni, salah saorang operator kapal cepat Tanjunguban, menyampaikan sampai sejauh ini memang masih tetap ada beberapa titik lampu navigasi yang sering tidak berfungsi dan hal tersebut sangat mengganggu keselamatan kapal dan penumpang.

"Kalau sering tidak berfungsi memang sudah sering kita saksikan. Karena kita sering berlayar malam, baik berupa carteran untuk memancing serta kebutuhan lainnya. Dengan adanya kejadian tersebut makanya kita sampaikan dengan harapan agar bisa diperbaiki hingga pungsi lebih maksimal," katanya.

Andhi Aswat, salah seorang pimpinan Disnav Tanjungpinang, yang coba dikonfirmasi melalui pesan pendek dan Whatsapp, belum memberikan jawaban secara resmi.

Editor: Dodo