Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

9 Makanan untuk Bersihkan Tubuh dari Racun
Oleh : Redaksi
Jum'at | 04-03-2016 | 13:00 WIB
8-Makanan-untuk-Bersihkan-Tubuh-dari-Racun.jpg Honda-Batam
Makanan dan minuman untuk bersihkan tubuh dari racun (Foto : ist)

ISTILAH lain untuk membersihkan tubuh dari racun adalah detoksifikasi. Jika Anda ingin melakukan detoksifikasi, Anda harus benar-benar mengetahui bagaimana cara yang benar untuk melakukannya.

Detoksifikasi memiliki banyak manfaat, di antaranya membantu memulihkan energi, menghilangkan kelelahan dan kantuk. Setiap hari, organ tubuh Anda dibebani dengan makanan yang tidak sehat, sehingga dibutuhkan detoksifikasi untuk menyeimbangkannya kembali.

Kerusakan tubuh dapat menyebabkan banyak masalah, dan untuk menghindarinya, Anda dapat melakukan detoksifikasi dengan mengonsumsi makanan tertentu. Dan berikut 9 makanan terbaik untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda.

1. Alpukat.
Buah alpukat sangat baik untuk membersihkan tubuh. Alpukat kaya akan antioksidan yang apabila dikonsumsi akan langsung membersihkan tubuh Anda, sehingga racun yang mengendap di dalam tubuh Anda pun akan keluar.

2. Cranberry.
Buah yang satu ini sangat dianjurkan untuk orang-orang yang sering mengalami masalah dengan infeksi saluran kemih. Tapi di sisi lain, cranberry juga mampu membersihkan tubuh dari racun. Buah cranberry memiliki efek antibakteri, sehingga mudah menghilangkan akumulasi racun di dalam tubuh.

3. Stroberi.
Ini merupakan buah yang paling kaya akan vitamin C, yang tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk detoksifikasi, tetapi juga membantu mengatasi kelelahan mata. Satu cangkir stroberi hanya mengandung 45 kalori, sehingga Anda dapat dengan leluasa mengonsumsi buah ini tanpa harus takut gemuk. Jumlah yang sama juga mengandung 210 miligram kalium yang dapat menormalkan sistem saraf Anda.

4. Grapefruit.
Buah ini sangat kaya akan vitamin yang dapat membantu membersihkan sistem pencernaan dan mencegah batu ginjal. Grapefruit juga rendah gula dan kalori, yang membuatnya menjadi makanan yang sangat baik bagi pelaku diet.

5. Kubis.
Diuretik alami ini dapat membantu membuang kelebihan air di dalam tubuh. Kubis terdiri dari 92 persen air, jadi kalori Anda akan terbakar jika Anda mengunyah sayuran yang satu ini. Sayuran sehat ini mengandung belerang penting untuk pembuangan bahan kimia dalam tubuh dan juga kaya akan serat, mineral, vitamin C, K, E dan A.

6. Brokoli.
Sayuran ini kaya akan antioksidan yang dapat membersihkan tubuh Anda. Brokoli juga kaya akan enzim yang dapat membantu sistem pencernaan agar dapat bekerja lebih baik.

7. Air putih.
Air putih dapat membersihkan ginjal, paru-paru, kepala hingga kaki Anda. Minumlah beberapa gelas air putih di pagi dan siang hari, sebelum makan dan setelah berolahraga.

8. Lemon.
Lemon mengandung banyak vitamin dan antioksidan. Ini merupakan buah terbaik untuk dikonsumsi sepanjang tahun, khususnya selama periode detoksifikasi. Lemon mampu membebaskan tubuh dari deposit berbahaya. Konsumsi lemon setiap hari, mampu meningkatkan kesehatan Anda.

9. Bayam.
Bayam muda merupakan sumber vitamin C, kalium dan asam folat. Warna hijau pada bayam mengandung klorofil yang sangat penting untuk proses detoksifikasi, karena secara tradisional bayam dianggap sebagai pembersih paru-paru dan darah. Bayam juga mengandung vitamin K yang memberikan pengaruh positif untuk tulang Anda. Seratus gram bayam hanya mengandung 25 kalori, jadi jangan ragu untuk mengonsumsinya dalam jumlah besar.

Sumber: Healthy Food House

Edior: Udin