Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Lingga Bahas Soal Aset dan Investasi dengan Manajemen PT Timah
Oleh : Nur Jali
Kamis | 03-03-2016 | 15:55 WIB
alias-wello-timah.jpg Honda-Batam
Bupati Lingga Alias Wello berbincang dengan manajemen PT Timah seputar aset dan investasi di Singkep. (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Bupati Lingga Alias Wello menggelar pertemuan dengan General Manager PT Timah wilayah Riau dan Kepri bersama dengan sejumlah SKPD dan Pansus DPRD Lingga yang menangani masalah aset PT Timah di Gedung Daerah Pemkab Lingga, Dabosingkep, Kamis (3/3/2016).

Wello mengatakan saat kewenangan perizinan memang dialihkan ke provinsi, namun kabupaten masih memiliki kewenangan khususnya untuk izin Amdal. Selain itu, saat ini peraturan pemerintah pusat tentang kewenangan di provinsi tersebut juga sedang digugat di Mahkamah Konstitusi untuk diuji materinya, jika ini berhasil digugat maka ada kemungkinan kabupaten/kota masih memiliki kewenangan untuk mengeluarkan izin investasi di daerahnya.

"Kita sangat membuka peluang sebesar-besarnya kepada pihak PT Timah jika ingin berinvestasi di Lingga, khususnya Dabosingkep, dan Pemkab Lingga juga akan memberikan perizinan secara transparan melalui DPRD sehingga tidak lagi timbul masalah hukum di kemudian hari," kata Wello.

Sementara itu, Dani Virsal mengatakan Kabupaten Lingga, khususnya Pulau Singkep merupakan jalur timah di Asia Tenggara yang sudah mendunia, sehingga potensi timah di wilayah ini sudah tidak diragukan lagi.

"Potensi timah di Pulau Singkep tidak bisa diragukan lagi dari jalur pertimahan dunia, bahkan timah di Singkep merupakan jalur timpel di wilayah Asia Tenggara," ungkapnya.

Saat ini PT Timah sudah menemukan teknologi eksploarasi yang baru dengan didukung peralatan yang canggih. Dengan kemampuan peralatan yang canggih tersebut diharapkan akan mampu mengukur potensi yang ada di wilayah Singkep.

"Alat ini mampu melakukan pengeboran timah hingga 70 meter, tanpa menggunakan kapal bor," jelasnya.

Selain itu dibandingkan pertambangan lainnya, timah sangat ramah dengan lingkungan karena proses penambangannya tidak menggunakan bahan-bahan kimia.

"Penambangan timah tidak akan mencemari lingkungan karena tidak menghasilkan limbah berat seperti logam lainnya," pungkasnya.

Editor: Dodo