Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahukah Anda, Makanan Ini tak Boleh Disantap Berbarengan
Oleh : Redaksi
Senin | 29-02-2016 | 13:25 WIB
teh.jpg Honda-Batam
ilustrasi Teh dicampur Susu

BEBERAPA makanan dan minuman akan berperan sangat baik saat dikonsumsi bersamaan. Senyawa kimianya dari makanan jika digabung akan menciptakan simbiosis gizi.

Tapi tidak semua jenis makanan dan minuman bisa dimakan bersamaan. Jika dikonsumsi akibatnya akan membuat Anda kembung, kadar gula darah naik, dan meredam penyerapan nutrisi penting.

Dilansir dari Eat Clean, berikut beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan.

Teh dan susu

Menurut Alissa Rumsey, RD, juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet, Teh hitam kaya antioksidan yang bekerja untuk mengurangi peradangan yang terkait dengan berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan diabetes.

Namun, jika setetes susu sapi maupun kedelai dicampurkan ke dalamnya akan memutus manfaat dari teh. “Protein pada susu akan mengikat antioksidan teh dan menghalangi penyerapan,” katanya.

Terlebih lagi, dalam keadaan ini susu tidak akan memberikan kalsium. "Kafein dalam teh dapat menurunkan penyerapan kalsium," kata Rachel Meltzer Warren, RDN, penulis The Smart Girl's Guide to Going Vegetarian.

"Jika Anda ingin menambahkan sesuatu yang baik pada teh, tambahkanlah perasan lemon, karena lemon akan meningkatkan jumlah penyerapan antioksidan bagi tubuh,” tambahnya.

Roti dan Selai

Liz Weinandy, RD, MPH, seorang ahli diet di Ohio State Universitas Wexner Medical Center mengatakan karbohidrat sederhana akan menaikkan gula darah.

Mengkonsumsi roti dan selai secara bersamaan sama saja mengundang bencana.

“Gula darah akan naik dengan cepat dan tubuh harus bekerja sangat keras untuk menurunkannya dengan melepaskan insulin dari pankreas,” kata Weinandy.

Dalam jangka panjang, proses ini akhirnya bisa menyebabkan pankreas turun yang akan menciptakan resistensi insulin dan diabetes.

Daging, Ikan, dan Susu

Ternyata minum susu bersama dengan daging, baik itu daging ayam, sapi, kambing atau bahkan ikan air tawar dan laut tidak bagus untuk organ tubuh, terutama organ pencernaan karena kandungan di dalam susu dan daging sangat berbeda dan tidak bisa menyatu yang akan membuat antibodi tubuh menjadi menurun.

Kandungan di daging terdapat banyak ion positif yang berfungsi untuk menambah nutrisi untuk tubuh sehingga tubuh mendapat asupan nutrisi yang cukup, sedangkan di susu terdapat kandungan ion negatif yang berfungsi untuk mengusir bakteri di dalam tubuh.

Tetapi ion negatif ini mengandung banyak asam yang ternyata tidak baik bagi tubuh. Jika dikonsumsi bersama dengan daging, maka kandungan nutrisi di dalam daging tersebut akan terkontaminasi oleh kandungan yang terdapat di dalam susu, sehingga organ tubuh terutama organ pencernaan akan terganggu.

Editor : Udin