Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Desa di Lingga Akan Dibangun Irigasi
Oleh : Redaksi
Sabtu | 27-02-2016 | 12:30 WIB
sawah.jpg Honda-Batam
ilustrasi sawah (foto: ist)

BATAMTODAY,COM, Linga - Tiga Desa di Lingga yang diproyeksi sebagai area persawahan, direncanakan dibangun irigasi pada 2017. Tujuannya untuk menunjang usaha pemerintah daerah menjadikan sejumlah lahan di Lingga sebagai penguatan pangan Kepri kedepan.

"Kami akan buat irigasi di tiga Desa. Kami sudah ke Pemerintah Pusat, Provinsi, Bappeda hingga ke Dinas PU, minta di buatkan irigasi di tiga Desa potensial," kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Lingga, Rusli Ismail, Jum'at (27/2/2016).

Menurut Rusli, saat ini tiga desa yang potensinya mendukung untuk area pertanian yakni, Desa Kerandin, Bukit Langkap, dan Bukit Harapan. "Pada 2017 diharapkan sudah berjalan," ujarnya.

Selain itu, masih terkait usaha Pemerintah menjadikan Lingga sebagai daerah penyuplai pangan, dia mengatakan, ada beberapa ide strategis yang jika dirinya berkesempatan sharing pendapat dengan Bupati Lingga yang nantinya ia sampaikan.

Ide tersebut, mengenai program seperti transmigrasi di kawasan perbukitan Resun menuju ke Desa Sungai Besar, yang cukup luas jika dijadikan area persawahan.

"Misalnya nanti kita datangkan 500 KK dilahan tersebut untuk mengolah sawah. Dianggarkan sejumlah dana untuk mencukupi operasionalnya selama tahun pertama, saya pikir ini akan luar biasa," kata dia.

Jika itu dapat dilakukan, menurutnya, peluang keberhasilan sawah di Lingga akan cukup besar, mengingat kondisi SDM lokal yang tidak terbiasa dengan mengolah sawah.  Sumber : Antara


Editor : Udin