Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebanyak 146 Pasien DBD di Karimun Didominasi Balita
Oleh : Nursali
Jum'at | 26-02-2016 | 09:17 WIB
8835198869-rsud-karimun.jpg Honda-Batam
RSUD Karimun (foto : ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sebanyak 146 pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karimun didominasi oleh balita. Jumlah pasien ini tentunya mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2015 lalu yakni sebanyak 184 orang yang terjangkiti penyakit tersebut.

Kepala Bidang Pelayanan RSUD Karimun, Suharyanto mengatakan, peningkatan pasien DBD ini berdasarkan minimnya kesadaran masyarakat untuk memperhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggalnya.

“Jumlah balitanya saya kurang hafal. Untuk tahun lalu, ada 3 orang yang meninggal akibat DBD ini,” Kata Suharyanto kepada BATAMTODAY.COM diruang kerjanya. Kamis (25/2/2016)

Ia mengatakan, korban DBD pada tahun lalu tersebutpun disebabkan kurangnya penanganan yang dilakukan oleh keluarga. Sehingga korban jiwa yang berjatuhan pada bulan Juli, Agustus, dan September 2015 terus berjatuhan.

“Itulah yang kita sesalkan,” katanya lagi.

Ia menambahkan, penyebab terjangkitnya penyakit yang disebabkan oleh nyamuk yang menimpa balita itu dikarenakan daya tahan tubuh balita, jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan orang dewasa pada umumnya.

Oleh sebab itu, dirinya mengimbau untuk selalu menerapkan 3 M di dalam lingkungan diantaranya Menutup, Menguras dan Mengubur tempat-tempat penampungan air.

Editor : Udin