Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Server Pembuatan KTP dan KK Lingga Rusak dan Menunggu Alat dari Jakarta
Oleh : Nur Jali
Rabu | 24-02-2016 | 18:00 WIB
IMG-20160223-00948.jpg Honda-Batam
Kantor Disduk Capil Lingga (Foto : Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil membenarkan kondisi server yang digunakan untuk mencetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang ada di kantornya saat ini sedang mengalami kerusakan sejak hari Senin kemarin.

Alat tersebut yang tersedia hanya satu unit dan tidak ada cadangan, sehingga jika rusak maka pelayanan otomatis akan terkendala.

"Rusaknya sudah dari hari Senin kemarin, mesinnya cuma satu jadi kalau rusak otomatis pelayanan akan terkendala," Kata Ayuzar kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (24/02/16).

Akibat dari kerusakan tersebut, beberapa pelayanan di Disduk Capil otomatis akan terganggu. Sementara itu untuk memperbaiki server tersebut, spare part atau alatnya hanya ada di Jakarta. Sehingga harus menunggu beberapa hari kedepan baru dapat diperbaiki.

"Kita cuma punya satu server. Jadi kalau rusak otomatis tidak bisa melayani," jelasnya.

Dilain tempat Rudi Purwonugroho yang merupakan tim pemenangan Bupati Lingga mengatakan, pelayanan administrasi khususnya untuk kartu identitas dan lain-lainnya merupakan prioritas utama dalam pemerintahan awal Bupati Lingga.

Untuk itu dirinya meminta kepada SKPD terkait untuk segera melakukan perbaikan server tersebut, dan juga menyediakan mesin server lebih dari satu unit untuk cadangan.

"Kita berharap servernya sesegera mungkin diperbaiki ke Jakarta, dan kita juga meminta agar diajukan lagi satu unit untuk cadangan, agar pelayanan kependudukan ini berjalan secara maksimal," jelas Rudi Purwonugroho.

Editor: Udin