Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masalah Komunikasi di Pekajang Harus Jadi Prioritas Pemerintah Lingga
Oleh : Nur Jali
Selasa | 23-02-2016 | 10:58 WIB
ilus.jpg Honda-Batam
Telekomunikasi mesih menjadi kendala utama di Desa Pekajang (Foto : ist)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Peristiwa kehilangan kontak rombongan Wakil Gubernur dan Bupati Lingga di Desa Pekajang belum lama ini, menyiratkan suatu pesan yang mendalam bagi rombongan Bupati Lingga akan lemahnya Komunikasi di daearah-daerah perbatasan Provinsi kepulauan Riau. Sehingga hal itu tentu harus menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah.

Bagi masyarakat Pekajang, kunjungan pejabat penting ke daerah mereka, bukan baru ini saja. Sebelumnya Bupati lingga dan Gubernur Kepri juga pernah berkunjung ke Pulau kecil yang kaya dengan hasil timah ini. Bahkan waktu itu, salah satu pejabat penting di Kepri tidak mengetahui bahwa istrinya telah meninggal, saat berkunjung ke Pulau pekajang, karena tidak tersedianya sarana komunikasi disana.

Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Dishub Kominfo Lingga mengatakan, di Desa Pekajang sudah memiliki tower Komunikasi. Namun permasalahan tersebut hingga kini tidak terselesaikan. Bahkan tahun 2015 saat itu Gubernur Kepri Muhamammad Sani dan Bupati Lingga saat itu Daria juga pernah menyoroti persoalan ini, namun hingga kini belum terpecahkan.

"Pekajang sudah ada tower, hanya saja tidak berfungsi karena belum ada satupun provider yang mau mengaktifkannya. Itu karena jumlah kebutuhan pemakai di Pekajang tidak mampu menutupi kebutuhan operasionalnya, jika di aktifkan," kata Adi kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (23/02/16).

Persoalan yang paling mendasar adalah proses administrasi tower tersebut yang hingga saat ini belum dapat diaktifkan. Tower mini tersebut menurutnya bukan merupakan milik daerah, sehingga harus dilakukan prosedur yang rumit untuk diaktifkan.

"Tower itu milik Tower Bersama Grup (TBG), anak perusahaan Telkomsel. Jadi bukan milik daerah," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Lingga Alias Wello saat dikonfirmasi di sela-sela kegiatan di kantor DPRD Lingga mengatakan, dirinya akan menemui pihak Telkomsel guna mendudukkan permasalahan itu. Ini menjadi perioritasnya karena akses komunikasi akan membuka simpul keterisoliran Desa Pekajang.

"Ini akan menjadi perioritas kita, disamping kebutuhan masyarakat Pekajang lainnya," ungkapnya singkat.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Kepri Nurdin Basirun juga pernah menyampaikan hal yang sama saat berkunjung ke Pekajang. Menurutnya permasalahan komunikasi di Pekajang harus dapat diselesaikan secepatnya.

"Masalah komunikasi di Pekajang harus secepatnya diselesaikan, ini kebutuhan primer masyarakat," ungkapnya.


Editor : Udin