Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nurdin Berharap Pelabuhan Roro Penarik dapat Tingkatan Ekonomi Lingga
Oleh : Charles Sitompul
Minggu | 21-02-2016 | 15:25 WIB
Wagub kepri di Lingga.jpg Honda-Batam
Wagub Kepri Nurdin Basirun saat meninjau Pelabuhan Roro Penarik, Lingga

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang-Tinjau kondisi pelaksanaan Pembangunan Pelabuhan Roro, di Desa Penarik Lingga. Wakil Gubernur Kepri Nurdin Basirun, akan dapat meningkatakan akses Barang dan orang, dalam meningkatakan Ekonomi Kabupaten Lingga. 


Rencananya, Pelabuhan Roro Penarik ini, Tahun ini akan segera beroperasi. Dan dengan Beroperssinya Pelabuhan Roro Penarik ini, akan dapat mengakses orang dan barang ke Pelabuhan Jagoh kemudian ke Pelabuhan Kualatungkal  (Jambi) dan pelabuhan Telagapunggur-Batam.

"Pelabuhan ini cukup strategis. Bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Daik, Kabupaten Lingga ini, Dan dengan siapnya pelabuhan ini nanti, akses masuk barang, kendaraan dan orang akan dapat lebih banyak," ujar Nurdin Basirun saat melakukan peninjauan pekerjaan pembangunan Pelabuhan Penarik kemarin.

Pemerintah Provinsi Kepri, kata Nurdin akan terus bekerja keras membuka isolasi transportasi ke seluruh Kabupaten dan kota di Kepri ini. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi di seluruh kabupaten dan kota di seluruh Kepri dapat merata.

Saat ini, sambungnya, pemerintah Kepri akan terus menggandeng pemerintah pusat untuk menambah kapal perintis melayari daerah-daerah Kepri. Sehingga, tahun ini seluruh ibukota Kabupaten dan Kota se-Kepri sudah dilayari kapal-kapal besar.

Kondisi ini tentunya disambut gembira Pemkab Lingga. Wakil Bupati Lingga Nizar menyambut baik program pemerintah Provinsi Kepri. 

"Dengan hadirnya pelabuhan ini, kami akan coba rencanakan pengembangan dan pemeliharan pelabuhan ini," kata Nizar.

Saat ini, masyarakat Lingga memang sangat menantikan sarana transportasi yang baik. Pemerintah Lingga, katanya, siap memenuhi harapan masyarakat tentunya dengan bantuan pemerintah Provinsi dan Pusat.

Ditempat yang sama, Kadis Perhubungan Kepri Muramis mengatakan bahwa khusus Lingga, selain pelabuhan Roro di Penarik, tahun ini pelabuhan di Sungai Tenam akan beroperasi. 

Pelabuhan ini akan memperpendek jarak antara Batam-Tanjungpinang-Lingga. 

"Begitupun pelabuhan di Pancur, akan terus dikembangkan agar arus orang dan barang semakin besar," katanya.

Untuk armada kapal Roro dan Perintis, pemerintah pusat akan mengalokasikan tambahan dua kapal Roro dan Kapal Perintis. 

"Kapal-kapal ini masih di rakit. Tahun ini selesai dan tahun depan beroperasi di wilayah kita," jelasnya.

Selain bantuan kapal,  pemerintah pusat juga sudah merealisasikan tol laut yang melayari pulau-pulau terdepan di Kepri. Adapun rute tol laut yang dilayari antara lain adalah Tanjungpinang, Tarempak (Anambas), dan Natuna. 

"Kita dapat kapal yang cukup besar. Besarnya sekitar 3200 ton tol laut," ucap Muramis.

Maka dari itu, Ia optimis seluruh armada kapal perintis tersebut diharapkan dapat membuka isolasi daerah terpencil di gugusan kepulauan di wilayah Lingga, Anambas dan Natuna. 

Sehingga pemerataan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan dapat berjalan dan di nikmati masyarakat di wilayah Kepri ini.

Editor : Surya