Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Komoditas Sayuran di Batam Merangkak Naik
Oleh : Harun al Rasyid
Sabtu | 20-02-2016 | 14:53 WIB
pedagang-sayur-fanindo.jpg Honda-Batam
(Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Harga sejumlah komoditas sayuran di Batam merangkak naik menyusul minimnya pasokan akibat transportasi laut yang terkendala cuaca tak bersahabat, memasuki Februari ini.

Ani (40) salah satu pedagang di Pasar Sagulung mengatakan, kenaikan harga tersebut bervariasi dan terus mengalami kenaikan secara berangsur-angsur. Misalkan saja, bawang putih yang sebelumnya seharga Rp 15 ribu per kilogranm, naik menjadi Rp 25 ribu dan kini melonjak menjadi Rp 32 .

"Naiknya dari Imlek kemarin. Stoknya sudah menipis makanya harga naik," kata Ani, Sabtu (20/2/2016). Baca juga: Harga Sayuran di Karimun Mulai Merangkak Naik

Sedangkan harga bawang merah cenderung turun dari Rp 44 ribu per kilogram kini hanya Rp 26 ribu. Kemudian untuk harga beras spesial dibanderil Rp 330 ribu per 25 kilogram, harga telur ayam sendiri turun Rp100 per butir dari Rp 1500 menjadi Rp1400. Sedangkan untuk kebutuhan pokok lainya masih harga normal. 

Sementara harga cabe rawit juga mengalami kenaikan harga, yaitu dari kisaran harga Rp 25 ribu perkilo, saat ini dijual seharga Rp 40 ribu per kilogram. "Bulan kemarin sempat naik, terus turun lagi awal Februari. Sekarang malah naik lagi, tapi tak seberapa parah," kata Endi, salah satu pedagang cabe rawit di Pasar Fanindo.

Endi menuturkan, stok bawang dan cabe yang semakin berkurang menyebabkan naiknya harga jual barang di pasar. "Kita ambil barang dari distributor yang dari luar Batam. Kalau bulan-bulan begini gelombang besar jadi jarang ada pengiriman," bebernya. 

Editor: Dodo