Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Adpel Karimun Tingkatkan Pengawasan Arus Mudik Lebaran 2011
Oleh : Alrion/Dodo
Kamis | 11-08-2011 | 17:37 WIB
Kepala_Adpel.jpg Honda-Batam

Kepala Adpel Karimun Gajah Roseno

KARIMUN, batamtoday - Pihak Administrasi Pelabuhan (Adpel) Karimun berkomitmen melakukan pengawasan arus mudik semaksimal mungkin pada Lebaran tahun ini untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk pengawasan arus mudik," kata Gajah Rooseno, kepala Adpel Karimun saat dihubungi batamtoday pada Kamis, 11 Agustus 2011.
 
Gajah mengatakan rapat koordinasi antar instansi tersebut membahas mengenai pengawasan arus mudik, termasuk pendirian pos pengawasan pada H-15 Lebaran 2011 di sekitar pelabuhan.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang, Gajah menyatakan telah menyurati pihak agen pelayaran agar menyediakan kapal stand by untuk melayani keberangkatan kapal dari Karimun tujuan Selat Panjang, Bengkalis, Dumai dan Buton.

Pihak agen pelayaran juga diminta untuk mengutamakan keselamtan para pemudik dengan mengangkut penumpang sesuai dengan aturan.

"Kami tidak akan memberikan ijin berlayar jika penumpang kapal itu lebih dari kursi yang telah ditentukan. artinya jika kelebihan 15 orang, masih diambang toleransi tetapi jika lebih jelas tidak bisa," tegas Gajah.

Saat ini arus keberangkatan penumpang dari Karimun ke berbagai tujuan masih relatif normal dan belum terjadi lonjakan penumpang. Diperkirakan lonjakan arus mudik akan puncaknya pada H-3 menjelang Lebaran.