Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penumpang Bandara Hang Nadim Batam Merosot 20 Persen
Oleh : Hadli
Sabtu | 20-02-2016 | 08:24 WIB
konter_lion_air_bandara_hang_nadim_(2).jpg Honda-Batam
Konter tiket di Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Masa low seasson yang terjadi saat ini di Bandara Internasional Hang Nadim menyebabkan 20 persen jumlah penumpang mengalami penurunan. 


"Pada hari kerja rata - rata terjadi penurunan 20 persen perhari," kata Kepala Bagian Umum Bandara Inteenasional Hang Nadim Batam, Suwarso, Jumat (19/2/2016). 

Ia menuturkan, dengan jumlah penerbangan sekitar 120 kali setiap harinya jumlah penumpang sebanyak 14.500 orang, baik yang datang maupun meninggalkan Batam. 

"Dalam beberapa hari terakhir jumlah penumpang hanya berkisar 9000 orang. Yang meninggalkan Batam hanya sekitar 5.400 orang, dmikian yang tiba di Batam," ujarnya. 

Sedangkan penerbangan pada Minggu jumlah penumpang yang datang, tambah Suwarso berkisar 8000 orang yang datang demikin juga jumlah penumpang yang meninggalkan Batam. "Kalau Minggu masih ramai walaupun  terjadi penurunan," tuturnya. 

Langkah yang diambil pihak maskapai dalam masa low seasson untuk mengindari kerugian dihari - hari bisa dengan cara mengurangi jadwal penerbangan. "Hal itu tidak bisa dihindari mengingat penumpang memang minim," kata dia.

Terjadi sepi jumlah penumpang, menurut SuSo terjadi setelah Libur Imlek. Sejumlah maskapai seperti Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air mulai mengurangi penerbangan khususnya penerangan setiap hari dilayani lebih dari satu kali penerbangan.

Kondisi ini, menurutnya masih akan terjadi hingga beberapa Minggu kedepan. "Hingga beberapa minggu kedepan kondisinya kemungkinan masih sama. Tapi mulai awal April kemungkinan baru akan kembali normal," ujar Suwarso memprediksi. 

Editor: Dardani