Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seraya Atas Rawan Longsor, BPBD Batam Pasang Spanduk Ingatkan Pengguna Jalan
Oleh : Romi Chandra
Jum'at | 19-02-2016 | 14:44 WIB
seraya-rawan-longsor.jpg Honda-Batam
BPBD Batam memasang spanduk peringatan di kawasan rawan longsor, Seraya Atas. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk menghindari jatuhnya korban, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batam mengingatkan pengguna jalan untuk berhati-hati melewati kawasan Seraya Atas. Pasalnya, di lokasi yang mengarah ke tebing kampung Seipanas, nyaris memakan badan jalan dan sudah beberapa kali terjadi longsor. Instansi itu juga memasang spanduk untuk mengingatkan pengendara berhati-hati melewati kawasan tersebut.

"Untuk sementara kita pasang spanduk peringatan rawan longsor dulu, hingga nanti dilakukan tindakan selanjutnya," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Siap Siaga BPBD Kota Batam, Zulkarnain, Jumat (19/2/2016).

Dijelaskan Zukarnain, nantinya pada lokasi direncanakan akan dibeton atau pemasangan batu miring. Namun semua masih dalam wacana dan belum dipastikan.

"Semua akan diputuskan setelah rapat antara instansi terkait dilakukan secepatnya. Longsor yang terjadi di sini sudah setahun lebih," lanjutnya.

Ditambahkan, tim teknis sebelumnya sudah melakukan kajian. Namun kondisi di lapangan berubah-ubah, sehingga harus dilakukan kajian kembali.

"Beberapa bulan terakhir kondisi di lapangan berubah, karena air terus mengikis tanah di tebing. Pengkajian akan dilakukan lagi, termasuk dengan dampak untuk warga yang tinggal di bawah tebing," jelasnya.

Selain memasang spanduk rawan longsor, pihaknya juga memasang bambu yang diikatkan menggunakan tali untuk penanda titik longsor.

Untuk Batam sendiri menurutnya, tercatat 24 titik daerah rawan longsor. Kondisi itu juga menjadi perhatian BPBD Batam. "Jika ditotalkan, ada 24 titik lokasi rawan longsor. Semua akan kita bahas untuk antisipasinya," pungkas Zulkarnain.

Editor: Dodo