Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelaku Kejahatan Banyak Ditangkap, 70 Titik di Batam Bakal Dipasang CCTv
Oleh : Romi Candra
Kamis | 18-02-2016 | 09:38 WIB
photo(2).JPG Honda-Batam
Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polresta Barelang, Kompol Deden Nurhidayatullah. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jajaran kepolisian di Batam mencatat sekitar 58 titik lokasi yang ada di Batam rawan terjadinya tindak kejahatan jalanan (street crime).


Namun hasil evaluasi yang dilakukan pada minggu pertama dan kedua bulan Februari 2016, kejahatan jalanan mengalami penurunan sejak mulai dilakukan program Batara Biru, ditambah dengan Operasi Antik Seligi yang dilakukan.

"Untuk laporan kejadian sesuai data yang ada, mengalami penurunan. Tapi untuk penangkpaan pelaku kejahatan mengalami peningkatan. Hampir di semua polsek berhasil menangkap pelaku kejahatan jalanan," ujar Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polresta Barelang, Kompol Deden Nurhidayatullah.

Untuk pengamanan Kota Batam selanjutnya, pihaknya telah mengajukan pada pemerintah setempat untuk pemasangan CCTv di 70 titik. Bahkan beberapa bagian gedung Polresta Barelang akan dirobohkan untuk dibangun ruangan Command Center yang lebih memadai, sehingga server untuk CCTv jugabsa ditempatkan di sana.

"Pemerintah sudah meminta data berapa titik yang perlu dipasang CCTv. Mereka juga mengeluhkan untuk lokasi penempatan server CCTv-nya. Nanti servernya bisa ditempatkan di Polres, namun untuk perawatan dilakukan oleh pemerintah sendiri. Kita hanya menyediakan tempat, karena tidak memiliki anggaran kesana," jelas Deden.

Ia berharap tahun ini bisa direalisasikan. "Anggarannya memang keluar di 2016 ini, karena pada 2015 sudah diajukan. Ya semoga bisa terealisasi secepatnya," pungkasnya. 

Editor: Dardani