Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diselundupkan dari Malaysia

BC Kepri Amankan Ribuan Karung Amonium Nitrat
Oleh : Audika
Selasa | 21-12-2010 | 19:01 WIB

Karimun, batamtoday - Patroli Bea Dan Cukai Khusus Kepuluan Riau belum lama ini berhasil mencegah 2.000 karung amonium nitrat dan ribuan balpres pakaian bekas berasal dari Pasir Gudang, Malaysia. Berkat kesigapan tim patroli Bea dan Cukai kedua jenis barang itu tidak dapat beredar luas di wilayah pabean Indonesia.

Kasi Penindakan Kanwilsus Bea dan Cukai Kepri Andi Pramono saat ditemui batamtoday Selasa )21/12) menjelaskan, ribuan amonium nitrat itu diangkut KM Salbianan Jaya No 52 /LLJ dari Pasir Gudang Malaysia dengan tujuan Wanci Wanci Sulawesi.

"Tiap karungnya berisi 25 kg," kata Andi.

Untuk mengelabui petugas Bea Dan Cukai mereka menambah kemasan karung amonium nitrat tersebut dari luar, sehingga terlihat bahwa amonium itu adalah pupuk, namun berkat ketelitian tim patroli usaha mereka mengelabui petugas, gagal, kata Andi.

Penangkapan KM Salbina Jaya dilakukan diperairan Laut Cina Selatan pada posisi 01 47 30 U/104 52 30 T pada hari minggu 12 Desember lalu sekitar pukul 12.00 WIB.

Amonium nitrat adalah salah satu bahan peledak, dan di Indonesia hanya ada 2 perusahaan yang mempunyai ijin impor amonium nitrat, dan itu pun dilakukan dengan sarana  pengangkut yang layak, bukan dengan sarana pengangkut yang dinakhodai tersangka Tb, yang sangat tidak layak untuk mengangkut amonium nitrat.

"Dan juga, barang tersebut diangkut tanpa dilengkapi dokumen yang sah," jelas Andi.

Saat ini 14 ABK KM Salbina Jaya diamankan di ruang tahanan Bea dan Cukai guna kepentingan penyidikan lebih lanjut, dan barang yang diangkut mereka berdasarkan hasil pengujian dan identifikasi barang No: S-368/BC.25/BPIB/2010.

Amonium nitrat banyak digunakan untuk membuat pupuk maupun industri lainnya, seperti bahan baku pembuatan bahan peledak dan pembuatan nitrous oksida. Ada dua jenis amonium nitrat yaitu Crystalline powder digunakan pembuatan dinamit, dan Porous prilled untuk industri pertambangan.

Selain mengamankan KM Salbina Jaya, turut diamankan dua kapal kayu dengan muatan balpres yaitu KLM Berkat Saudara Jaya II No 99.PPN Gt 99 dengan nahkoda Am dan muatan balpres kurang lebih 2.160 bal pakaian bekas dari Pasir Gudang tujuan Sulawesi dengan nilai barang 3 milyar rupiah.

Dan satu kapal kayu lainya adalah KLM Twins No 530 /LLn Gt 217 dengan nahkoda Ar dari Pasir Gudang tujuan Sulawesi dengan jumlah barang 3.120 balpres dengan nilai barang kurang lebih 4 milyar.