Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lis Hadiri Sarasehan Hari Radio Sedunia di Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 15-02-2016 | 17:16 WIB
LNKY8269.jpg Honda-Batam
Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, disela Sarasehan Hari Radio Sedunia (World Radio Day) (Foto : Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang menilai media radio sangat efektif dimanfaatkan untuk memberikan edukasi kepada publik serta menyebarluaskan informasi, terutama mengenai bencana dan keamanan.

Hal itu dikatakan Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, disela Sarasehan Hari Radio Sedunia (World Radio Day) yang digelar Pemerintah Kota Tanjungpinang yang bekerjasama dengan RRI Tanjungpinang.

Lis mengatakan, radio merupakan media informasi yang dapat dikatakan sangat cepat dalam memberikan informasi terkini, terutama mengenai bencana. Media komunikasi ini, mudah diakses masyarakat dimanapun mereka berada.

"Radio banyak dimanfaatkan publik untuk mengakses informasi maupun hiburan, terlebih lagi saat sedang berkendaraan, saat di laut, maupun di gunung, karena  media komunikasi ini cukup efektif dan jangkauannya sangat luas," ujar Lis, Sabtu (13/2/2016).

Dikatakan, untuk Tanjungpinang sendiri, bencana yang sering terjadi, seperti angin puting beliung, dan kebakaran hutan, lahan atau pemukiman, dan bencana alam lainnya, mudah-mudahan tidak terjadi.

Oleh karena itu, radio mempunyai peran penting dalam penyampaian informasi mengenai bencana, mulai dari pra bencana, saat bencana, maupun pasca bencana. Sehingga informasi tersebut menjadi pencegahan bencana dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar tanggap bencana.

"Selain melalui media komunikasi, masyarakat turut berperan memberikan informasi, apabila ada hal-hal yang dapat menimbulkan bencana," imbuhnya

Di kesempatan itu, Lis menyampaikan ucapan selamat kepada Radio, semoga semakin eksis, dapat memberikan informasi yang lebih luas, serta berperan aktif dalam membangun Kota Tanjungpinang. " Mari kita bersatu padu membangun negeri tercinta ini," tutup Lis.

Senada dengan itu, Agustiawarman, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang mengatakan, Radio berperan penting dalam memberikan informasi secara cepat di Desa dan di Kota, terutama dalam keadaan darurat bencana.

"Radio mempunyai kehandalan tersendiri dalam menyampaikan informasi secara cepat kepada masyarakat, dan menjadi alat komunikasi yang disenangi oleh warga," katanya.

Ia mengatakan, sebagai inatitusi yang menangani bencana, RRI memegang peran penting dalam memberi informasi secara aktual dan terpercaya. Untuk itu, pihaknya terus menjalin koordinasi dan kerjasama, disamping peran semua pihak yang juga mereka butuhkan untuk pengamanan dan pencegahan bencana di Kota Tanjungpinang.

Pantauan BATAMTODAY.COM, sarasehan yang mengambil tema 'Radio dalam keamanan dan bencana' itu, juga dihadiri Kepala Dinsosnaker Surjadi, Kadis Hubkominfo Wan Samsi, Perwakilan Polres, Kodim, Lurah, Ketua RT/RW, serta perwakilan Tagana. Acara itu juga diisi dengan dialog interaktif dan hiburan ragam melayu.