Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Akhir Desember Ketinggian Gelombang Mencapai 3 Meter
Oleh : Ali
Selasa | 21-12-2010 | 18:38 WIB

Batam, batamtoday - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Bandara Hang Nadim memprediksikan pada akhir Desember 2010 hingga Januari 2011, ketinggian gelombang laut di Kepri akan mencapai hingga  3 meter serta hembusan angin utara bertiup sangat kencang, 15 hingga 20 Knot dengan kecepatan 25 hingga 30 meter/jam.


 

Bagi masyarakat Kepri yang ingin menggunakan tranportasi laut pada akhir Desember hingga Januari 2011, diharapkan lebih waspada. Diprediksikan BMG Bandara Hang Nadim akan terjadi gelombang dengan ketinggian mencapai 3 meter serta didukung angin kencang dari utara.

"Untuk laut Batam sampai Tanjung Pinang, akan terjadi ketinggian gelombang mencapai 1,5 meter," ujar Kasi data dan Informasi BMG Bandara Hang Hang Nadim Batam, Agus di kantornya kepada batamtoday.

Sedangkan yang akan terjadi pada laut Bintan bagian utara (Lagoi,red), akan terjadi gelombang dengan ketinggian mencapai 1,5 hingga 2 meter. Untuk perairan Dabok, Lanjutnya, ketinggian gelombang mencapai 1 hingga 2 meter.

"Kalau untuk wilayah perairan Natuna, kita prediksikan ketinggain gelombang mencapai hingga 3 meter," tutur Agus menambahkan.

Pada akhir bulan tersebut, diprediksikan BMG Bandara Hang Nadim curah hujan di kepri tidak terlalu ekstrim, namun gelombang cukup eksterm dan angin kencang, sehingga diharapakan agar masyarakat selalu waspada saat menggukanan transportasi laut.

"Kalau untuk laut keseluruhan Indonesia, diprediksikan untuk lautan Hindia, angin kencang bertiup dari barat laut dan ketinggian gelombang mencapai 4 hingga 5 meter.