Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seleksi Popda Diikuti 161 Pelajar se-Kota Batam
Oleh : Harun al Rasyid
Sabtu | 13-02-2016 | 17:24 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Batam kembali digelar. Acara yang berlangsung di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM), Jalan Engku Putri Nomor 21, Batam Center ini diikuti sebanyak 161 peserta. 

Ketua pelaksana kegiatan Popda, Ardianto mengatakan dari keseluruhan jumlah peserta tersebut berasal dari 17 perguruan ilmu silat se Kota Batam. Setiap perguruan bisa mengirimkan beberapapun pesertanya sesuai dengan kelas yang dilombakan. 

"Ada yang mengirimkan 3 peserta. Setiap perguruan bisa kirim berapaun tergantung atletnya. Satu kelas pun boleh," kata Ardianto kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (13/2/2016). 

Perlombaan ini dijadwalkan memakan waktu sekitar 3 hari mulai dari Jumat (12/2/2016) hingga Minggu (14/2/2016). Sementara jumlah kelas yang dilombakan terhitung dari kelas A hingga ke kelas H. Untuk kelas A, diukur dari berat badan yaitu 39 kg hingga 43 kg. Kelas B dari 43 sampai 47 kg dan  seterusnya hingga kelas H. 

"Kalau kelas H itu disebut kelas beratlah istilahnya. Kalau peserta yang berat badannya melebihi kelasnya, langsung didiskualifikasi," ujarnya. 

Terkait tujuan, Ardianto mengatakan diselenggarakan acara itu merupakan salah satu cara untuk mencari bibit-bibit muda di dunia persilatan. Selain itu juga menjadi ajang silaturahmi antara peserta, atlet dan juga perguruan se-Kota Batam. 

"Yang paling penting lagi, yang menjadi juara di kelasnya masing-masing akan kita kirim ke tingkat wilayah Provinsi," tuturnya. 

Kegiatan seleksi atlet yang dilakukan setahun sekali ini juga merupakan kerjasama dari Dinas Pendidikan yang memberikan wewenang kepada IPSI (Ikatan Pencaksilat Seluruh Indonesia) Kota Batam sebagai pelaksan teknis. 

"Dari silat ini, pernah kirim ke Sea Games tingkat Asia Tenggara. Seperti tahun 2015 di Thailand, kita juara tiga dari cabang pencak silat IBSI," ujar Ardianto yang kini menjabat sebagai Sekretaris Umum IPSI Batam. 

Pantauan BATAMTODAY.COM, beberapa peserta terlihat memenuhi lantai 3 gedung LAM tempat berlangsungnya pertandingan. Terlihat wajah sumringan di wajah atlet muda Kota Batam itu. Beberapa atlet wanita dipandu oleh guru silat melakukan pemanasan sebelum memasuki arena lomba. 

"Saya siap menang. Harus menang, kalau kalah malu sama teman-teman terutama, bapak dan mama saya," kata Aliah Saibansah, salah satu atlet dari cabang olahraga Tapak Suci. 

Editor: Dodo