Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Manchester United ajak Jose Mourinho Berunding
Oleh : Redaksi
Sabtu | 06-02-2016 | 09:38 WIB
van_gaal_mourinho_by_getty.jpg Honda-Batam
Jose Mourinho dan Louis van Gaal sebagai manajer Manchester United. (Foto: Getty)

BATAMTODAY.COM, London - Jose Mourinho ditengarai bakal menggantikan Louis van Gaal sebagai manajer Manchester United.


Manchester United dilaporkan telah mengajak mantan manajer Chelsea, Jose Mourinho, melakoni perundingan.
Belum ada kesepakatan antara MU dan Mourinho dan kubu ‘Setan Merah’—julukan Manchester United—belum mengeluarkan pernyataan resmi. Namun, bisa dipastikan negosiasi telah berlangsung.

Pria asal Portugal yang didepak Chelsea pada Desember 2015 itu disebut-sebut sebagai calon kuat pengganti manajer Manchester United, Louis van Gaal.

Posisi Van Gaal sendiri tampak terancam seiring dengan tiga kekalahan beruntun MU pada Desember lalu oleh Bournemouth, Norwich City, dan Stoke City.

Namun, setelah kembali menderita kekalahan dari Southampton pada akhir Januari, performa MU perlahan membaik. Klub tersebut menundukkan Derby County pada putaran keempat Piala FA dan mengandaskan Stoke City pada lanjutan Liga Primer.

Apabila Mourinho mengasuh MU, rivalitas dengan Pep Guardiola seperti ketika keduanya berkiprah di La Liga, diprediksi akan terulang.

Bagaimanapun, lantaran Van Gaal ditengarai bakal meninggalkan Old Trafford pada akhir musim (semusim lebih cepat dari kontraknya), sosok manajer baru diperlukan.

Apabila Mourinho benar-benar menjadi manajer MU, persaingan dua klub di Kota Manchester bakal ramai mengingat Pep Guardiola dipastikan memangku jabatan manajer Manchester City musim depan. Artinya, rivalitas antara Mourinho dan Guardiola di La Liga beberapa tahun lalu bakal terulang.

Sebagai catatan Mourinho ialah mantan pelatih Real Madrid, sedangkan Guardiola ialah eks pelatih FC Barcelona.

Kandidat manajer baru MU selain Mourinho dikabarkan Ryan Giggs, mantan gelandang MU yang kini menjabat sebagai asisten Louis van Gaal.

Pria asal Wales yang telah memperkuat MU sebanyak 963 kali itu menjadi manajer sementara ‘Setan Merah’ pada April 2014 lalu, sesaat setelah David Moyes didepak dari kursi manajer.

Calon lainnya, sebagaimana dilaporkan wartawan olahraga BBC, Simon Stone, ialah Laurent Blanc dan Mauricio Pochettino. Blanc saat ini melatih Paris Saint Germain, sedangkan Pochettino adalah pelatih kepala Tottenham Hotspur. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani