Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

137 Eks Pengikut Gafatar Asal Kepri Ditampung Sementara di Bekasi
Oleh : Nursali
Jum'at | 05-02-2016 | 16:58 WIB

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sebanyak 137 orang pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Kepulauan Riau, telah tiba dari Kalimantan beberapa hari lalu. Ratusan pengikut Gafatar tersebut kini untuk sementara diinapkan di Asrama Haji Bekasi.

Dari data yang diperoleh BATAMTODAY.COM sebanyak 5 orang eks Gafatar merupakan warga Kabupaten Karimun, 8 orang diantaranya berasal dari Tanjungpinang, dan 5 orang berasal dari Kabupaten Lingga. Sedangkan 119 orang lainnya berasal dari Batam.

Kasubdit Kesbangpol Kabupaten Karimun, Hidayat mengatakan kelima orang warga Karimun tersebut adalah orang yang terdaftar di ormas tersebut.

"Total keseluruhan anggota Gafatar ini ada 110 orang, kalau pengurus intinya ada 19 orang," kata Hidayat saat dihubungi BATAMTODAY.COM, Jumat (5/2/2016).

Ia mengatakan hingga kini oramas tersebut terdaftar secara sah di Karimun setelah para pengurus organisasi tersebut mengurus persyaratan dan kelengkapan dalam pengajuan terdaftar.

"Surat Keterangan Terdaftar (SKT)-nya baru-baru ini kita keluarkan, kalau tak salah pertengahan 2015 lalu," katanya lagi.

Ia menambahkan setelah mencuatnya kasus Gafatar yang dituding menyebarkan aliran sesat, pihaknya tidak lagi menemukan jejak para pengurus dan seluruh anggotanya.

"Yang hilang itu pengurus inti, setelah kita verifikasi lagi mereka tidak ada. Plang dan sekretariatnya juga tak ada lagi," pungkasnya.

Editor: Dodo