Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Imlek, Harga Kebutuhan Pokok di Karimun Mulai Merangkak Naik
Oleh : Nursali
Jum'at | 05-02-2016 | 11:05 WIB

BATAMTODAY.COM, Karimun - Menjelang perayaan Imlek pada Senin (8/2/2016) mendatang, harga komoditi bumbu dapur di pasar tradisional Karimun melambung naik. 

Seperti, bawang putih yang sebelumnya dibanderol Rp 26 ribu kini menjadi Rp 30 ribu per kilogramnya. "Hampir semuanya naik, semua cabai naik. Sayur-sayuran juga naik tapi tak banyak naiknya," kata Buyung, salah satu pedagang kepada BATAMTODAY.COM di Pasar Puan Maimun, Kolong, Kecamatan Karimun, Jumat (5/2/2016).

Kenaikan harga ini katanya kerap kali terjadi ketika menjelang hari-hari besar. Sebagai pedagang kecil dirinya tak dapat berbuat banyak dalam menentukan harga.

"Kalau orang lain jual 60 ribu, mana mungkin kita jual 20 atau lebih rendah. Paling tidak menyamakan harga," katanya lagi.

Ia juga mengatakan kenaikan harga tersebut diperkirakan akan berlangsung hingga Imlek berakhir, di samping cuaca yang ekstrim pada akhir-akhir ini menjadi salah satu faktor penyebab mahalnya kebutuhan pokok tersebut.

Di tempat yang sama, harga ayam potong juga turut serta mengalami kenaikan. Untuk jenis ayam potong yang telah dibersihkan dari bulu dan kotoran dibanderol Rp 34 ribu dan untuk ayam potong yang siap diolah dihargai Rp 40 ribu.

"Kalau semalam ayam bulat Rp 33 ribu dan yang sudah dibersihkan Rp 38 ribu. Sekarang nggak dapat lagi, bang," kata Jupri, pedagang ayam.

Editor: Dodo