Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Guangzhou Evergrande Pecahkan Rekor Transfer Asia
Oleh : Redaksi
Kamis | 04-02-2016 | 09:14 WIB
jackson_martinez__by_epa.jpg Honda-Batam
Jackson Martinez baru mencetak tiga gol selama membela Atletico Madrid. (Foto: Epa)

BATAMTODAY.COM, Beijing - Klub sepak bola Cina yang bermain di Liga Super, Guangzhou Evergrande, memecahkan rekor transfer di kawasan Asia dengan mengontrak pemain Atletico Madrid, Jackson Martinez senilai US$46 juta atau sekitar Rp632 miliar.


Martinez, 29, asal Kolombia tersebut menandatangani perjanjian selama empat tahun dan akan bergabung dengan skuat Evergrande dalam sesi latihan di Dubai pada Senin mendatang (09/02) setelah pemeriksaan kesehatan.

Sejauh ini ia hanya mencetak tiga gol dalam 22 pertandingan Atletico menyusul kepindahannya dari Porto pertengahan tahun lalu. Martinez tercatat sebagai bintang sepak bola terbaru yang pindah ke Cina tahun ini.

Ia mengikuti jejak mantan pemain tengah Chelsea, Ramires, dan mantan pemain liga Italia Gervinho dan Fredy Guarin yang juga dikontrak oleh klub Cina tahun 2016.

Transfer Ramires ke Jiangsu Suning pekan lalu diyakini bernilai sekitar £25 juta yang merupakan rekor di Asia sebelumnya.
Manajer Martinez di Guangzhou Evergrande adalah mantan manajer Chelsea dan mantan pelatih nasional Brasil, Luiz Felipe Scolari.

Yang sudah berpindah ke klub yang sama adalah mantan pemain tengah Tottenham, Paulinho dan pemain dari satu negara, Robinho.

Berdasarkan data statistik Pasar Transfer Jerman, klub-klub Liga Super di Cina menghabiskan dana £81 juta untuk membeli pemain dan pelatih selama periode 2014-2015. Jumlah itu menempati urutan kedua di bawah Liga Primer. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani