Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rossi Akui Lorenzo Lebih Baik di Sepang
Oleh : Redaksi
Kamis | 04-02-2016 | 08:24 WIB
rossi.jpg Honda-Batam
Valentino Rossi. (Foto: Sportsatu)

BATAMTODAY.COM, Sepang - Pebalap Yamaha, Valentino Rossi, menyelesaikan tes MotoGP 2016 di Sirkuit Sepang, Rabu (3/2), dengan berada di belakang rekan setimnya, Jorge Lorenzo, yang mencetak catatan terbaik. Rossi pun mengakui Lorenzo memang memperlihatkan performa yang lebih baik selama tiga hari melakukan tes di Malaysia.

Rossi mencatatkan waktu 2 menit 00,556 detik, di mana itu membuatnya berada sembilan per sepuluh detik di belakang Lorenzo yang merupakan juara dunia MotoGP 2015. Rossi berada di posisi keempat secara keseluruhan jika mengombinasikan catatan waktu yang diraih selama tiga hari.

Pebalap berusia 36 tahun asal Italia itu merasa kecewa dengan selisih waktu antara dirinya dan rival sekaligus rekan setimnya itu. Namun, Rossi menegaskan dirinya telah melakukan pekerjaan kotor yang jauh lebih dalam untuk mencari cara mengembangkan kecepatan motornya agar bisa bersaing sepanjang MotoGP 2016.

"Jorge merasa sangat baik dengan ban dan motornya. Ia berkendara lebih dari batas dan ia berkendara lebih baik. Namun, ini baru tes pertama. Sejujurnya, saya melakukan lebih banyak pekerjaan kotor ketimbang dirinya, lebih banyak lap dan segalanya. Ia lebih fokus dengan performa. Namun, catatan waktunya memang mengesankan setiap orang," ujar Rossi soal Lorenzo seperti dilansir Crash.

"Jadi bagi saya dan semua pebalap lain, kami berada di belakang. Kami harus memahami cara untuk lebih dekat. Ia sangat bagus di mana pun. Ia mengerem dengan keras, ia memasuki tikungan dengan sangat cepat dan ia mampu berkendara dengan baik di tikungan cepat. Jadi saat ini ia berada di performa yang bagus dan berkendara dengan sangat baik," lanjutnya.

Rossi pun membahas mengenai perasannya sendiri selama melakukan uji coba di Sepang. The Doctor merasa fokus yang harus menjadi perhatian dirinya dan tim adalah soal ban. Ia merasa masih harus memikirkan bagaimana setelan ban yang sesuai karena masih ada ketidakseimbangan antara ban depan dan belakang.

"Sekarang, ban yang digunakan mendekati Bridgestone, tapi berbeda dan ada begitu banyak sudut pandang. Namun, rasanya lebih sama seperti tahun lalu. Ban belakang sedikit lebih baik dan ban depan sedikit lebih buruk jika dibandingkan Bridgestone. Namun, semua tentang distribusi beban motor dan cara Anda membuat kinerja ban, jadi ini penting untuk dimengerti," ujar pebalap asa; Italia itu. (Sumber: Sportsatu)

Editor: Dardani