Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kemendagri Jadwalkan Pelantikan Gubernur Terpilih 11-12 Februari
Oleh : Redaksi
Selasa | 02-02-2016 | 13:09 WIB
tjahjo kumolo baru.jpg Honda-Batam
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

BATAMTODAY.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menargetkan Gubernur/wakil gubernur terpilih akan berlangsung pada 11-12 Februari mendatang. Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara nanti yang akan mengesahkan jabatan mereka ini sebagai kepala daerah definitif.

Tjahjo mengatakan, pelantikan tersebut untuk kepala daerah yang tak bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, ia tak menjadwalkan untuk provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) lantaran daerah tersebut melakukan pemungutan suara susulan pada Januari lalu.

"Presiden Jokowi yang akan melantik di Istana Negara pada 11 - 12 Februari nanti," kata Tjahjo, Selasa (2/2/2016) dikutip dari laman Kementerian Dalam Negeri.

Sedangkan untuk pelantikan kepala daerah tingkat dua terpilih, yakni Bupati/wali kota rencananya pada tanggal 15 Februari. Wacana pelantikan Bupati/wali kota yang awalnya di Istana, kemungkinan batal. Mereka akan dilantik di ibukota provinsi masing-masing.

"Pelantikannya di ibukota provinsi masing-masing," ujar dia. Tjahjo juga belum bisa memastikan kapan wacana pelantikan kepala daerah yang kemarin bersengketa di MK.

Editor: Dodo