Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Chelsea Boyong Eks Striker Timnas Brasil
Oleh : Redaksi
Minggu | 31-01-2016 | 10:47 WIB
alexandre_pato_by_getty.jpg Honda-Batam
Pato bergabung ke Chelsea dengan status pemain pinjaman. (Foto: Getty)

BATAMTODAY.COM, London - Chelsea resmi menggaet mantan ujung tombak tim nasional Brasil, Alexandre Rodrigues da Silva alias Pato, dari Corinthians sampai akhir musim dengan status pinjaman.

“Saya begitu bahagia bisa bergabung dengan Chelsea, ini seperti mimpi bagi saya. Saya ingin mengenal rekan-rekan satu tim dan tidak sabar bermain,” kata Pato alias ‘si Bebek’.

Pria berusia 26 tahun itu telah bermain sebanyak 27 kali bagi tim nasional Brasil, antara lain dalam ajang Olimpiade 2008 dan 2012. Selama memperkuat ‘tim Samba’—julukan timnas Brasil—dia telah menyumbangkan 10 gol. Namun, saat berkiprah di Serie A bersama AC Milan, Pato bergelut dengan cedera berkepanjangan.

Meski begitu, manajer Chelsea, Guus Hiddink, mengaku langkah peminjaman Pato bukanlah sebuah risiko. Hiddink memang sebelumnya disebut-sebut berupaya mendapatkan ujung tombak anyar.

“Ini bukanlah perjudian. Dia datang dengan status pinjaman sehingga memungkinkan bagi kami untuk melihat apakah dia bisa beradaptasi dalam liga,” kata Hiddink.

The Blues—julukan Chelsea—mengalami musim yang mengecewakan dan saat ini berada pada peringkat 13 klasemen sementara Liga Primer, walau masih bercokol di Liga Champions.

Analisis

Tim Sturtridge, jurnalis bidang sepak bola Amerika Selatan

Pato berjuang dengan serangkaian cedera sejak 2010 (cedera hamstring, otot paha, otot tertarik) yang mewarnai kiprahnya bersama AC Milan. Kepindahannya ke Brasil dan bergabung dengan Corinthians tidak terbilang sukses dan transfer senilai £11,5 juta (yang merupakan uang besar bagi sebuah klub Brasil) menjadi beban berat baginya.

Manuver dan trik yang membuat Pato menjadi pemain spesial saat berusia belasan tahun memudar lantaran cedera yang dialaminya.

Nilai positif bagi Chelsea adalah Pato menolak tawaran uang dalam jumlah yang lebih besar dari klub di Cina. Hal itu disebabkan Pato telah berusia 26 tahun dan dia tahu bahwa ini adalah kesempatan terakhir untuk bersinar di Eropa. Bila sukses, dia bisa saja dimasukkan sebagai pemain inti timn as Brasil dalam ajang Copa America musim panas mendatang. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani