Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Imlek Tiba, Jeruk Mandarin Wajib Ada
Oleh : CR-212
Sabtu | 30-01-2016 | 09:52 WIB
jeruk-imlek.jpg Honda-Batam
Jeruk mandarin, dicari setiap imlek. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jeruk mandarin adalah salah satu buah yang selalu hadir dalam tradisi bagi orang Tiongkok, khususnya setiap perayaan Imlek. Dalam bahasa China jeruk disebut "Chi Zhe", yang berarti "Chi" atinya rezeki dan "Zhe" adalah buah. Berarti dapat diartikan, jeruk adalah buah pembawa rezeki.


Dalam waktu dekat ini, akan ada peluang bisnis seiring dengan perayaan Imlek. Sebelum menyambut datangnya tahun baru China ini, sejumlah pasar sudah ramai oleh kemasan-kemasan jeruk mandarin yang didatangkan langsung dari Tiongkok.

Di sekitar Pasar Jodoh Batam, misalnya, sejumlah pedagang buah mulai sibuk memperjualbelikan dagangannya. Ratusan kilo jeruk mandarin dengan berbagai jenis dan kemasan siap dijual. Baca juga: Peningkatan Arus Penumpang Diprediksi pada H-2 Jelang Imlek

"Memang, sebelum datangnya tahun baru, penjualan kami meningkat dibanding hari-hari biasa lainnya. Untuk saat ini kami sudah menghabiskan banyak jeruk. Jelang imlek ini penghasilan kami untuk penjualan jeruk mandarin saja, bisa mencapai 3 juta rupiah, kadang lebih. Apalagi 2 atau 3 hati sebelum hari perayaan, itu bisa menjual lebih banyak" papar Alan, seorang penjual buah dikawasan Pasar Jodoh Batam, Jum'at (29/1/2016).

"Salah satu merek jeruk mandarin, dengan ukuran M kami menjual seharga Rp. 130 ribu  per kemasan, dengan isi 50 biji, L Rp. 150 ribu dengan isi 40 biji per, dan ukuran XL Rp. 220 ribu dengan isi 30 biji per kemasannya," tambah Alan.

Imlek semakin dekat, hari besar masyarakat Tionghoa ini tentunya akan anyak mendapat perhatian dari banyak orang, Salah satu contohnya saja di negara kita, barbagai atribut yang ikut meramaikan imlek sudah marak di tempat-tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan, restoran dan tempat-tempat lainnya. 

Editor: Dardani