Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kalahkan Everton, Manchester City Melaju ke Final Piala Liga
Oleh : Redaksi
Kamis | 28-01-2016 | 09:38 WIB
sergio_aguero_man_city_newcastle_by_reuters.jpg Honda-Batam
Sergio Aguero mencetak gol penentu kemenangan Manchester City atas Everton. (Foto: Reuters)

BATAMTODAY.COM, London - Manchester City dipastikan menghadapi Liverpool FC pada final Piala Liga Capital One setelah klub tersebut mengalahkan Everton dengan skor 3-1 atau 4-3 bila dihitung secara agregat.


Bermodal kemenangan 2-1 saat bermain dalam putaran pertama di Goodison Park, 6 Januari lalu, Everton memperbesar keunggulan ketika laga putaran kedua di Stadion Etihad telah berlangsung selama 18 menit.

Liukan Ross Barkley di lapangan tengah tidak mampu dihentikan para pemain bertahan tim tamu. Pun ketika dia melepaskan tendangan dari jarak 18 meter ke pojok kiri gawang yang dikawal Joe Hart.

Enam menit kemudian, Fernandinho membangkitkan harapan pendukung the Citizens—julukan Manchester City. Sepakan kerasnya mengenai bek Everton sehingga bola berubah arah dan mengecoh penjaga gawang Joel Robles. Skor pun berubah 1-1 (agregat 2-3).

Pada babak kedua, Manuel Pellegrini selaku manajer Manchester City melakukan perubahan strategi. Dia menggantikan Yaya Toure yang dikenal sebagai gelandang bertahan dengan Kevin De Bruyne yang rajin menusuk jantung pertahanan lawan. 

Taktik itu terbukti jitu. Pada menit ke-70 atau empat menit setelah masuk lapangan, De Bruyne mencetak gol dengan memanfaatkan 

Kemenangan City kemudian disegel melalui sundulan Sergio Aguero yang memanfaatkan umpan De Bruyne pada menit ke-76.

Hasil tersebut cukup mengantarkan City menembus partai final Piala Liga Capital One di Stadion Wembley, 28 Februari mendatang. Anak-anak asuhan Pellegrini itu telah ditunggu Liverpool, yang mengalahkan Stoke City, melalui adu penalti.

“Saya sangat gembira bermain pada pertandingan final di Wembley, ini sangat penting. Kami menang karena kami mencetak tiga gold an Everton hanya punya satu peluang,” kata Pellegrini.

Di sisi lain, Everton harus menelan pil pahit kekalahan. Apalagi, menurut manajer Everton, Roberto Martinez, timnya kebobolan gol yang tidak pantas.

“City adalah tim yang sangat hebat. Jika mereka mencetak tiga gol dengan cara yang benar, Anda bisa menerimanya. Gol pertama adalah tendangan memantul, namun gol kedua jelas tidak sah. Kami memiliki kumpulan pemain muda yang sangat baik. Saya harap kami mengambil penampilan hari ini sebagai inspirasi,” ujar Martinez. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani