Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertama di Indonesia dan Sudah 22 Tahun di Singapura

Indonesia Nongsa Regatta Diikuti 200 Peserta Dalam dan Luar Negeri
Oleh : Hadli
Selasa | 26-01-2016 | 08:13 WIB
IMG_20160125_142112.jpg Honda-Batam
kapal layar yang akan mengikuti lomba di Nongsa Point Marina & Resort (Foto : Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kendati di negara tetangga Singapura, lomba perahu layar bertaraf Internasional ini sudah berjalan selama 22 tahun, namun kita patut berbangga meskipun event tersebut baru pertama sekali diselenggarakan di Indonesia. Sebab dengan penyelenggaraan event itu, akan menambah pendapatan daerah Kota Batam, khususnya dibidang Pariwisata. 

Adalah Nongsa Poin Marina and Resort yang menyelenggarakan perlombaan perahu layar bertaraf internasional tersebut dengan mengusung tema 'Indonesia Nongsa Regatta'. Tak tanggung-tanggung, event ini diikuti 200 peserta dari berbagai negara dan akan dimulai sejak tanggal 27 Januari 2016 sampai 31 Januari 2016.

Ketua Umum Yachts Competition Indonesia, Prakash Reddy menjelaskan, kegiatan ini pertama sekali dilakukan di Indonesia. Sedangkan di Singapura kegiatan ini merupakan agenda tahunan EO (Event Organizer) dari negara tersebut.

"Singapura Regatta sudah digelar selama 22 tahun, sedangkan di Indonesia baru kali ini dan itupun hanya mendapat tempat disini (NPM & R-red). Bahkan EO dan penyelenggaranya juga dari Singapura," ujarnya dalam keterangan pers, Senin (25/1/2015) di Nongsa Poin Marina and Resort.

Lebih jauh dikatakan, ada tiga katagori kapal yang akan digelar. Pertama, Yachts yang merupakan kapal layar dengan ukuran besar, kemudian Dinghy dan Kolek yang merupakan kapal layar berukuran kecil dan ringan.

"Untuk peserta Yachts, pada umumnya diikuti oleh peserta dari luar negri seperti Singapura, Malaysia, Belanda dan Amerika. Sedangkan untuk ketegori Dinghy dan Kolek, mayoritas diikuti dari Indonesia," tutur Prakash kembali.

Acara yang digelar selama lima hari itu katanya lagi, didukung langsung oleh Kementerian Pariwisata RI dengan menampilkan 3 perlombaan dalam satu hari. Sedangkan Yatchs itu sendiri diikuti 60 peserta, Dinghy 60 dan Kolek 70-90 peserta.

"Jaraknya cukup mengelilingi perairan sekitar Nongsa atau sekitar 5 mile. Sedangkan cara penghitungannya berdasarkan point," jelasnya.

Prakash mengungkapkan, event bergengsi yang pertama kali di Indonesia ini dilaksanakan, karena event serupa yang sudah digelar selama 22 tahun di Singapura itu, fakum sejak 2016.

"Oleh karenanya, tahun 2016 ini merupakan agenda pertama Indonesia dengan tema Nongsa Regatta. Dengan acara ini, kami berharap dapat mendukung Pemerintah dalam bidang Pariwisata," tutupnya.


Editor : Udin