Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Warga Tiongkok Tewas Dibom
Oleh : Redaksi
Senin | 25-01-2016 | 16:11 WIB
Bom-ilustrasi.jpg Honda-Batam
Ilustrasi bom. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Laos - Dua warga Tiongkok tewas dan lainnya luka-luka dalam dugaan serangan bom yang terjadi di Laos, kata media pemerintah Cina.


Peristiwa itu terjadi pada Minggu pagi (24/1) di provinsi tengah Xaysomboun, menurut kantor berita pemerintah Xinhua. Para diplomat Cina telah meminta dilakukannya penyelidikan atas insiden itu, kata Xinhua.

Seragan bom terjadi saat Menteri Luar Negeri AS John Kerry melakukan lawatannya ke Laos, sebuah kunjungan yang jarang dilakukan oleh seorang pejabat AS.

Para korban ditemukan berada dalam kendaraan, dan diyakini terkait dengan perusahaan pertambangan. Cina merupakan investor pertambangan utama di Laos, negara yang kaya akan mineral

Xinhua mengatakan bahwa salah satu korban adalah karyawan perusahaan pertambangan. Harian Global Times mengutip pernyataan seorang pejabat kedutaan Cina yang mengatakan bahwa dua korban adalah karyawan kontraktor swasta kecil yang memasok minyak ke tambang Laos yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan Cina.

Pejabat yang tidak disebutkan namanya itu menambahkan bahwa pria ketiga yang terluka sedang menemani mereka untuk sebuah kunjungan, dan ketiganya memiliki hubungan pertemanan.

Pria yang terluka, telah diidentifikasi bernama Zhou di media China, saat ini sedang dirawat di ibukota Vientiane, yang berjarak sekitar 230 km (140 mil) dari Xaysomboun. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani