Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kebakaran Hebohkan Warga Puri Legenda
Oleh : Hendra Zaimi / Magid
Senin | 08-08-2011 | 17:16 WIB
api1.jpg Honda-Batam

Padam - Mobil pemadam kebakaran dari Pemko Batam usai melakukan pemadaman di lokasi kebakaran (Foto: Hendra Zaimi)

BATAM, batamtoday - Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Batam, kali ini kebakaran terjadi di Perumahan Puri legenda blok B12/21 di rumah warga bernama Ridwan, Senin, 8 Agustus 2011, sekitar pukul 12.30 WIB. Namun kebakaran tidak sempat menjalar ke tempat lain sebab kesigapan warga yang bergotong-rotong memadamkan si jago merah.

Kobaran api hanya menghanguskan sebuah kamar yang berada di lantai dua, sebelum sempat menjalar kemana-mana warga yang mengetahui ada kebakaran langsung memadamkan api dan mematikan aliran listrik. Sementara itu, Dua unit pemadam kebakaran dari Pemko Batam dan BP Kawasan hanya melakukan proses pendinginan lokasi karena api sudah terlebih dahulu dipadamkan warga.

Peristiwa diketahui pertama kali oleh Fatmawati (24), pembantu rumah tangga di rumah tersebut. Saat kejadian, saksi mata sedang berada di ruang tamu yang berada di lantai satu untuk memberikan anak majikannya makan. Tiba-tiba ada asap dan bau menyengat dari lantai dua, dan mengetahui ada kebakaran saksi langsung memberitahukan kejadian itu kepada para tetangga.

"Api dan asap tebal berasal dari kamar di lantai dua, saya langsung keluar menyelamatkan diri dengan membawa anak majikan dan segera memberitahukan kejadian itu kepada tetangga," ujar Fatmawati kepada batamtoday di lokasi kejadian.

Sementara itu, Puji Astuti, istri pemilik rumah saat kejadian mengakui kalau dirinya sedang tidak berada dirumah. Dia baru mengetahui rumahnya terbakar setelah ditelepon sang pembantu.

"Saya sedang berada di bank, ketika pulang api sudah berhasil dipadamkan dan beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu.

Dia menambahkan, menurut keterangan dari warga yang ikut memadamkan api dan petugas pemadam kebakaran bahwa sumber api berasal dari arus pendek dari kamar yang berada di lanati dua tersebut.

"Memang di dalam kamar ada charge HP yang lupa dicabut, mungkin karena panas akhirnya menjadi penyebab kebakaran itu," terang puji.

Setelah api benar-benar dipastikan padam, warga dan petugas pemadam kebakaran meninggalkan lokasi kejadian. Sementara kasus kebakaran itu sampai berita ini diturunkan tidak dilaporkan ke pihak kepolisian.

"Kita belum terima ada laporan kebakaran di Perumahan Puri Legenda hingga saat ini," ujar petugas Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polsek Batam Kota kepada batamtoday.