Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

MU akan Salip Madrid Sebagai Klub Terkaya
Oleh : Redaksi
Jum'at | 22-01-2016 | 08:12 WIB
manchester_united_by_pa.jpg Honda-Batam
Kemampuan Manchester United untuk mendatangkan sponsor dinilai luar biasa. (Foto: Pa)

BATAMTODAY.COM, London - Manchester United diperkirakan akan menjadi klub terkaya di dunia pada 2017, melampaui penerimaan Real Madrid dan Barcelona.


Perkiraan ini tercantum dalam laporan tahunan Liga Uang Sepak Bola Deloitte, yang untuk tahun ini menempatkan Real sebagai klub terkaya untuk ke-11 kalinya.

Pada periode 2014-2105 Real berhasil mendapatkan uang sebesar 577 juta euro, sementara Barcelona meraup 560,8 juta euro dan Manchester United di urutan ketiga dengan 519,5 juta euro.

Posisi United di urutan ketiga ini juga tak lepas dari kegagalan tim United lolos ke Liga Champions maupun Liga Eropa musim lalu, yang membuat salah satu sumber penerimaan klub hilang.

Namun Deloitte mengatakan besar kemungkinan posisi tiga besar ini akan berubah dalam 12 bulan ke depan.

Deloitte menyebut "pertumbuhan bisnis yang kuat" dan "kemampuan untuk mendapatkan kontrak sponsor" akan membuat pundi-pundi uang United semakin gemuk.

Kontrak United dengan perusahaan pakaian dan peralatan olahraga Adidas mendatangkan penerimaan £75 juta per tahun bagi United.

Belum lagi porsi penerimaan yang berasal dari royalti hak siar televisi Liga Primer yang untuk musim 2016-2017 bernilai total £5,1 miliar.

Ini semua akan membuat "tekanan kepada Real menjadi makin besar" untuk tahun-tahun mendatang. "Saya tidak akan heran kalau United merebut kembali predikat klub dengan penerimaan terbesar di dunia, gelar yang lepas dari tangan mereka 11 tahun lalu," kata Dan Jones, penulis laporan Deloitte. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani