Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Welcome di Texas Teluksasah!
Oleh : Harjo
Kamis | 21-01-2016 | 08:00 WIB

TAK perlu bawa kuda dan topi koboi ke Texas di Desa Teluksasah, Kecamatan Serikuala Lobam, Bintan. Cukup bawa seni dan cinta. Di sini semua bekal seni dan cinta itu diramu dalam komunitas yang menyenangkan. Karena ini adalah Texas Community. Apa itu? Berikut tulisan wartawan BATAMTODAY.COM, Harjo dari Desa Teluksasah.

Texas Community, berdiri tahun 2014 lalu di Desa Teluksasah, Kecamatan Serikuala Lobam, Bintan. Di sini, para remaja dan pemuda berkolaborasi merangkai berbagai kreativitas. Mulai dari seni dan budaya, sampai dengan olahraga prestasi.  

Texas Community lahir dari kesamaan ide dan gagasan beberapa pemuda desa. Mereka berasal dari berbagai latar belakang. Baik bidang seni musik, seni beladiri dan olahraga. Tidak hanya itu, di sini juga ada kursus bahasa Inggris, serta sajian berbagai kuliner murah meriah dan ueanak.

"Semua berangkat atas dasar pemikiran dan rasa kebersamaan. Yaitu berusaha memberikan warna agar para remaja dan pemuda arah pergaulannya lebih positif," ujar Inra Revolta, Ketua Texsas Community kepada BATAMTODAY.COM di Serikuala Lobam, Rabu (19/1/2016).

Di lahan yang luasnya tidak lebih dari satu hektar itu, setidaknya sudah berdiri tiga warung kuliner plus fasilitas Wifi. 

Di Texas Community ramai dengan berbagai kegiatan hiburan positif. Seperti lomba karaoke, kegiatan seni beladiri pencak silat, karate, sepak bola khusus anak-anak.

"Kalau dari segi beladiri silat, setidaknya sudah ada remaja yang sudah mengikuti event hingga tingkat nasional. Walau pun mereka berlatih di tingkat kampung, setidaknya bisa bersaing dengan rekan-rekannya dari sejumlah kabupaten/kota lainnya," papar Inra Revolta.

Sementara itu, untuk olahraga sepakbola anak-anak, juga telah menyumbang berbagai prestasi. Walaupun masih di tingkat lokal dan antar kabupaten dan kota di Kepri. Hampir di sejumlah turnamen sepakbola, anak-anak yang keberadaan di ruang lingkup Texas Community selalu berusaha untuk mengikutinya.

"Karena semua berangkat dengan tujuan agar anak-anak kita tumbuh dan berkembang secara positif, jauh dari pengaruh dari hal-hal yang negatif,  serta bisa merusak masa depannya. Maka walau pun secara swadaya, selalu berupaya agar anak-anak bisa tampil dan berkreasi," ujar Inra.

Hal yang sama di sampaikan oleh Angga Tri Wibowo, Koordinator Seni Akustik yang menjadi bagian penting dari Texas Community. Angga menuturkan keberadaan kelompok ini, setidaknya menjadi salah satu tempat para remaja dan pemuda menyalurkan bakatnya di bidang seni musik. Di mana dengan mulai adanya tempat latihan di Texas Community, setidaknya sudah ada empat group kelompok akustik yang secara rutin mengelar latihan bersama.

"Serikuala Lobam, memang kecamatan yang tergolong baru. Tetapi banyak bakat terpendam terutama di bidang seni musik, buktinya sejak ada tempat latihan walau pun masih dengan alat musik yang standar dan miilik masing-masing pribadi anggota group secara perlahan,  mulai muncul bakat-bakat pemusik yang selama ini belum tersalurkan," terangnya.

Angga yang kesehariannya bekerja di salah satu perusahaan di dalam Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam. Berharap kedepan semua remaja dan pemuda khusus yang  tergabung di dalam Texas Community serta remaja dan  pemuda secara umum bisa lebih bersemangat untuk berkreasi sesuai dengan bakat yang dimiliki.

Begitu juga dari pihak pemerintah, kedepan setidaknya memberikan perhatian terhadap kegiatan para remaja dan pemuda untuk bisa menyalurkan bakatnya. Mengingat hingga saat ini, khususnya di Serikuala Lobam memang masih sangat minim tempat atau fasiltas untuk olahraga dan pusat kegiatan lainnya.

"Semoga kedepan pemerintahh bisa menyediakan tempat atau gedung yang bisa di jadikan sebagai pusat kegiatan baik olahraga,  seni, bagi para remaja, pemuda serta  kegiatan masyarakat lainnya," harapnya.

Jadi, tak perlu membawa kuda dan topi koboi untuk beraktivitas di Texas Community. Ini Texas Desa Teluksasah, tempat para remaja dan pemuda mengasah kreativitas. Rumah bagi semua pemuda. Welcome to Texas Desa Teluksasah!

Editor: Dardani