Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BC Karimun Tangkap Tanker Berbendera Mongolia
Oleh : Nursali
Rabu | 20-01-2016 | 15:00 WIB
20160120_104343.jpg Honda-Batam
Kapal tanker bendera Mongolia yang ditangkap patroli BC  Karimun. (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Patroli Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepri menangkap kapal tanker MT An Hock GT 99,5 berbendera Mongolia, Sabtu (16/1/2016) sekitar pukul  23.40 WIB. Tanker pengangkut BBM jenis solar sebanyak 198,303 ton itu ditangkap di perairan Sengkuang, tepatnya koordinat 01° 12' 42" U/104° 00' 12" T.


Kepala Kantor Wilayah DJBC Kepri, Parjia mengatakan, dari pemeriksaan awal kapal tersebut bertolak dari OPL Timur Malaysia dengan tujuan Batam, tanpa dilengkapi dokumen-dokumen yang lengkap.

"Diperkirakan nilainya sekitar Rp 300 juta. Jadi kapal beserta tujuh orang ABK-nya kita bawa ke DJBC Karimun," kata Kepala Kantor Wilayah DJBC Kepri, Parjia kepada pers, Rabu (20/1/2016).

Ditambahkannya, modus yang digunakan oleh pelaku terbilang klasik. Pasalnya, pelaku dengan sengaja bergerak meninggalkan OPL Timur Malaysia tanpa memberitahukan terlebih dahulu kepada petugas setempat maupun petugas Internasional.

"Karena mereka tidak dilengkapi dokumen-dokumen pelindung yang sah, makanya tidak melaporkan terlebih dahulu kepada petugas tentang pelayarannya," tambahnya lagi.

Saat ini, kata Parjia lagi, pihaknya tengah menyidiki ratusan ton solar tersebut yang ditangani oleh Bidang Penyidikan dan Penanganan Barang Hasil Penindakan Kanwil DJBC Kepri. Sementara itu, ketujuh orang ABK beserta kapal dan muatannya telah diamankan.

BC Karimun itu telah menetapkan dua orang sebagai tersangka yakni nahkoda kapal berinisial CL dan Chief officer berinisial Hp. Meskipun dia enggan membeberkan siapa pemilik minyak tersebut, namun dia mengintruksikan penyidik untuk menangkap otak pelaku. "Harus disentuh otak pelakunya," tutupnya. 

Editor: Dardani